F1 | Detail

Toto Wolff Ingin F1 Digelar Tiga Kali di China dalam Satu Musim

Andhika Khoirul Huda
Kamis, 05 Mei 2022, 21:21 WIB
Toto Wolff Ingin F1 Digelar Tiga Kali di China dalam Satu Musim
Kepala tim Balap F1 Mercedes Toto Wolff (Foto: AFP)

MIAMI – Kepala Tim Mercedes AMG Petronas Toto Wolff, menyebut bahwa timnya punya pasar yang bagus di China. Oleh sebab itu, Wolff ingin F1 menggelar tiga balapan sekaligus dalam satu musim di Negeri Tirai Bambu.

Seperti diketahui, F1 akan menggelar balapan GP Miami 2022 pada akhir pekan ini untuk pertama kalinya. Balapan tersebut merupakan yang pertama dari dua seri yang akan berlangsung di Amerika Serikat (AS)tahun ini dimana yang kedua akan dihelat di Circuit of The Americas (COTA), Austin.

Lalu, pada 2023 mendatang, Negeri Paman Sam juga akan menyelenggarakan GP Las Vegas. Dengan begitu, AS menjadi negara yang paling banyak menggelar balapan F1 dalam satu kalender meski wacana untuk menambah jumlah balapan dari 23 seri yang ada saat ini tetap digaungkan.

GP Shanghai di China akan menjadi salah satu balapan tembahan yang kembali ke kalender F1 pada 2023 nanti. Sebelumnya, sirkuit tersebut sudah absen dari ajang F1 dalam dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Kembalinya Shanghai tahun depan pun disambut baik oleh Wolff. Namun, dia ingin F1 menghelat tiga balapan sekaligus di China dalam satu tahun seperti di AS karena Mercedes punya pasar yang apik di Negeri Tirai Bambu.

“Kami pernah berada di Shanghai sebelumnya dan tidak bisa berada di sana dalam dua tahun terakhir, tetapi ini adalah pasar yang penting bagi kami. Saya tidak hanya ingin balapan di Shanghai, saya juga ingin balapan di Beijing," kata Wolff dilansir dari Daily Star, Kamis (5/5/2022).

“Ini adalah pasar yang fantastis bagi kami sebagai Mercedes, dan saya yakin kami harus meninggalkan jejak yang kuat di sana. Kami memiliki tiga balapan di AS sekarang, Las Vegas, Miami, dan Austin dan jika kami dapat melakukan hal yang sama di China, itu akan sangat bagus,” tambah Wolff.

Sekadar informasi, Sirkuit Internasional Shanghai pertama kali masuk kalender F1 pada 2004 lalu. Setelah itu, sirkuit sepanjang 5,4 km itu terus menggelar balapan F1 hingga 2019 lalu, saat Lewis Hamilton memenangkan balapan ke F1 ke-1000 di sana. Namun, pada edisi 2020, GP Shanghai terpaksa dibatalkan karena pandemi Covid-19. 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1268 seconds [12]