Hobi | Detail

Tips Tetap Bugar: Atlet Harus Konsisten Berolahraga meski Belum Ada Kompetisi

MNC Media
Senin, 07 Juni 2021, 15:42 WIB
Tips Tetap Bugar: Atlet Harus Konsisten Berolahraga meski Belum Ada Kompetisi
Setiap atlet futsal harus pintar menjaga kondisi. (Foto: MNC Media)

SETIAP atlet dituntut untuk terus bugar meski pun belum ada kompetisi. Tujuannya, saat kompetisi bergulir para atlet mampu tampil maksimal dan terhindar dari kelelahan. 

Ya, dalam sebuah turnamen ataupun kompetisi liga yang panjang, kelelahan, dan cedera adalah dua hal yang menakutkan bagi seorang pelatih maupun manajer tim. Terlebih, apabila jarak antarpertandingan terbilang pendek, sehingga menyebabkan padatnya jadwal pertandingan. 

Dalam keadaan demikian, kelelahan berpotensi mempengaruhi kebugaran pemain untuk pertandingan berikutnya.

Berbagai teori olahraga menyebutkan, selain agenda pertandingan yang padat, sejumlah faktor lainnya dapat juga menjadi penyebab kelelahan pada atlet. Pada umumnya, kelelahan seseorang dapat diakibatkan kurangnya asupan karbohidrat, waktu istirahat yang tidak cukup, ataupun dehidrasi.

Pelatih Fisik klub Futsal Cosmo FC, Eko Prabowo, memberi tips bagaimana menjaga kebugaran. Menurutnya, selain faktor jadwal pertandingan yang ketat, pola hidup, dan pola makan, tingkat kelelahan atlet saat ini dipengaruhi juga oleh kebugaran atlet yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Coach Eko mengatakan, dalam kondisi pandemi, atlet tidak boleh mengabaikan latihan kebugaran karena belum ada kepastian jadwal kompetisi. Pandemi ini perlu disikapi dengan pikiran positif agar tidak mengganggu motivasi atlet.

"Karena program latihan resmi dari klub belum dimulai, maka para atlet futsal harus menjaga kondisi tubuhnya tetap fit dan bugar, minimal terjaga kondisi fisik dan mentalnya agar tidak menurun secara drastis," katanya.

Mengacu dari berbagai penelitian terkini, Coach Eko menyarankan agar para atlet menjaga kebugaran dengan konsisten berolahraga selama 150 menit per minggu atau sekitar 30 - 60 menit per sesi sebanyak 3 - 4 kali per minggu.

"Jangan lupa tetap mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan tetap menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.
 

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2507 seconds [13]