Hobi | Detail

Tips Olahraga Agar Tetap Sehat dan Bugar saat Isolasi Mandiri

Maruf
Selasa, 07 September 2021, 13:29 WIB
Tips Olahraga Agar Tetap Sehat dan Bugar saat Isolasi Mandiri
Artis peran Oliva Jansen sering membagikan aktivitasnya melakukan beberapa gerakan olahraga, termasuk plank. (Foto: Instagram Olivia Jansen)

ADA beberapa tips olahraga agar tetap sehat dan bugar saat menjalani isolasi mandiri (isoman) selama terpapar covid-19. Selain menjaga asupan makanan, istirahat cukup dan menghindari stress, olahraga juga bisa membuat badan tetap sehat dan bugar. 

Menjaga kondisi badan selama isoman penting karena  isolasi mandiri memiliki risiko cukup besar jika tidak dilakukan dengan benar. Seperti laporan Koalisi warga LaporCovid-19, yang dirilis pada Juli lalu, tercatat 2.313 pasien Covid-19 meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri di rumahnya. 
 
Ada beberapa hal yang dilakukan saat menjalani isolasi mandiri. Salah satunya adalah dengan tetap melakukan aktivitas fisik atau olahraga di tengah keterbatasan ruangan karena mereka tidak bisa keluar rumah bahkan ruangan. 

Sports Medicine Specialist, dr. Andi Kurniawan, Sp.KO mengatakan bahwa olahraga penting saat menjalani isolasi mandiri. Caranya, adalah melakukan aktivitas Fisik dengan intensitas ringan sampai dengan sedang selama 30 menit setiap hari akan sangat baik untuk, serta latihan kekuatan otot 2 sampai dengan 3 kali seminggu.

"Selain meningkatkan kebugaran kardiorespirasi untuk kebugaran jantung, meningatkan kekebalan tubuh, membuat happy, otot tidak mudah cedera dan meningkatan kkelenturan atau flexibilitas gerak sendi," kata Andi dari Klinik Utama Eminence. Lalu olahraga apa yang bisa dilakukan selama menjalani isolasi?  Berikut beberapa tips olahraga saat Isolasi

Tips Untuk Tetap Aktif Selama Isolasi Mandiri

Stand Up dan Stretch
Jangan hanya duduk dan rebahan seharian. Setiap setengah Jam sekali berdiri dan melakukan peregangan.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1424 seconds [12]