Hobi | Detail

Tips Menjaga Tubuh Saat Mudik Arus Balik, Agar Aman dan Sehat Sampai Rumah

Wikku D. Nugroho
Kamis, 05 Mei 2022, 17:45 WIB
Tips Menjaga Tubuh Saat Mudik Arus Balik, Agar Aman dan Sehat Sampai Rumah
Peregangan penting dilakukan agar tubuh bugar saat arus balik. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Tips menjaga tubuh saat mudik arus balik menjadi topik menarik terutama bagi para netizen yang saat ini sudah melakukan arus balik mudik dari kampung halamannya kembali ke kota tempatnya bekerja. Namun ada beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi para pemudik agar tidak melupakannya. Tujuannya tentu saja hanya satu demi pemudik bisa sampai ke rumah dengan aman dan sehat.

Hari Raya Idul Fitri di tahun 2022 ini tentu saja menjadi momen bahagia bagi seluruh umat muslim di  dunia khususnya di Indonesia. Pasalnya dalam 2 kali edisi lebaran terakhir masyarakat harus bersabar karena tidak diperbolehkan melakukan mudik akibat bahaya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Namun seiring waktu pemerintah memperbolehkan mudik khususnya di tahun ini yang mengakibatkan padatnya arus mudik dan arus balik.

Tips Menjaga Tubuh Saat Mudik Arus Balik

Dengan diizinkannya mudik, maka para pemudik pun wajib mengetahui tips menjaga tubuh saat mudik arus balik. Tips apa sajakah itu? Mari simak ulasan berikut ini;

  • Bawa Perlengkapan Secukupnya

Untuk melakukan perjalanan jauh sudah seharusnya kita membawa perlengkapan khususnya saat arus mudik. Namun yang harus diperhatikan adalah para pemudik diharapkan membawa perlengkapan secukupnya. Hal ini dimaksudkan agar pemudik tidak kesulitan membawa barang selama perjalanan mudik arus balik ke rumah. Selain itu meminimalisir kehilangan juga menjadi alasan mengapa pemudik harus membawa perlengkapan secukupnya.

  • Siapkan Obat-Obatan Pribadi

Bagi para pemudik yang saat ini memiliki riwayat penyakit kronis diharapkan untuk membawa persediaan obat-obatan selama mudik arus balik. Kamu bisa mengumpulkan obat-obatan di dalam suatu wadah atau tas kecil supaya lebih mudah membawanya. Kemenkes menyarankan untuk membawa obat untuk gangguan kesehatan ringan, obat untuk penyakit berat dengan resep dokter dan obat penyakit kronis yang sedang dalam perawatan.

  • Lakukan Peregangan

Melakukan peregangan adalah salah satu hal yang wajib dilakukan bagi pengendara maupun penumpang. Dikarenakan peregangan diperlukan untuk melemaskan otot-otot agar tidak kaku selama melakukan perjalanan berikutnya. Selain itu peregangan juga dapat melancarkan aliran darah, meminimalisir ketegangan dan memperbaiki postur tubuh. Peregangan ini bisa dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan kecil di bagian kepala, tangan dan kaki.
 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1487 seconds [13]