MotoGP | Detail

Tinjau Persiapan MotoGP 2022, Jokowi Berharap Insiden WSBK Tidak Terulang

Basudiwa Supraja
Jum'at, 14 Januari 2022, 10:08 WIB
Tinjau Persiapan MotoGP 2022, Jokowi Berharap Insiden WSBK Tidak Terulang
Presiden Joko Widodo tinjau kesiapan Sirkuit Mandalika jelang gelaran MotoGP 2022 (Foto: Instagram/Jokowi)

LOMBOK - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, telah melakukan kunjungan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (13/1/2022). Hal itu dilakukan menjelang ajang MotoGP yang akan digelar Maret 2022.

Dari kunjungannya tersebut, Jokowi kembali menggunakan motor kesayangannya Kawasaki W175 seperti saat uji coba Sirkuit Mandalika jelang balapan Superbike pada 2021 lalu. Namun kali ini tampilan motor tersebut sedikit berbeda dengan gaya Bobber.

Selain itu Jokowi juga menegaskan kepada para panitia MotoGP Indonesia agar tidak mengulangi insiden yang pernah terjadi saat Superbike 2021 lalu. Kejadian saat bongkar muatan pada ajang Superbike kala itu dinilai sangat mencoreng nama baik Indonesia.

Pada hal ini Jokowi tidak ingin ada isu-isu yang terjadi di Superbike itu terjadi lagi. Dia mengingatkan agar panitia harus izin tim jika ingin membongkar muatan logistic.

"Jangan sampai isu-isu kecil seperti kemarin di Superbike, ada kesalahan dalam membongkar logistik tanpa seizin tim sehingga jadi suaranya jadi ke arah yang negatif," ungkap Jokowi dalam rapat Evaluasi persiapan Moto GP.

Pada ajang World Superbike (WSBK) yang digelar 19-21 November 2021 lalu terjadi insiden yang memalukan. Salah seorang panitia dengan sengaja membuka isi muatan logistik dari Ducati.

Alhasil itu memicu amarah dari tim Aruba.it Ducati Racing. Pasalnya isi kargo tersebut merupakan sebuah motor yang akan digunakan pada balapan kala itu.

Sikap tersebut juga dinilai tidak etis dan tidak profesional. Masalahnya pihak yang membuka bukan dari badan cukai atau anggota tim yang dapat menimbulkan kecurigaan akan terjadinya kecurangan dalam regulasi WSBK.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1128 seconds [12]