logo
Ragam Lainnya | Detail

Tingkatkan Kualitas Atlet Nasional, Menpora Jadikan Sport Science Sebagai Panduan Utama

Basudiwa Supraja
Sabtu, 03 September 2022, 15:15 WIB
Tingkatkan Kualitas Atlet Nasional, Menpora Jadikan Sport Science Sebagai Panduan Utama
menjadikan sport science sebagai panduan utama

SURABAYA - Menteri Pemuda dan Olahraga Menpora Zainudin Amali, menjadikan sport science sebagai panduan utama dalam meningkatkan kualitas atlet di Indonesia. Hal ini juga bisa menunjang tingkat kemampuan para pemain Timnas Indonesia.

Sport Science bisa menjadi tolok ukur dalam melihat sejauh mana pencapaian para atlet di masa sekarang. Hal itu kemudian dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya dan merencanakan di masa mendatang.

Adapun menjalankan sport science ini, Amali mengajak universitas yang ada di Indonesia untuk bekerja sama. Ada dua kampus yang telah menjadi salah satu pendukung program tersebut yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) juga menjadi bagian dari kerja sama tersebut. Program sport science diterapkan dalam kesuksesan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Ke depan memang kita harus terus beekerja sama dengan BRIN, karena kedepan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), sport science adalah pemandu utama bagi atlet dalam berprestasi, dan itu juga ada di BRIN," jelas Amali, dikutip dari Kemenpora, Sabtu (3/9/2022).

Sementara ini, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang diperhitungkan dari segi olahraga. Terbukti dari beberapa hasil yang dicapai seperti pada ASEAN Para Games 2022 salah satunya.

Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan target dan pencapaian rekor yang menembus batas ekpektasi. Adapun Timnas Indonesia U-16 juga sukses meraih gelar juara di Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia juga sukses lolos ke Piala Asia 2023 setelah 15 tahun silam. Kesempatan Skuad Garuda untuk mentas di momen itu menjadi peluang besar untuk peningkatan prestasi kedepannya.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1541 seconds [12]