Tim Nasional | Detail

Timnas Thailand Dirumorkan Rekrut Pelatih Korea, Ini Tanggapan Alexandre Polking

Basudiwa Supraja
Kamis, 23 Juni 2022, 12:50 WIB
Timnas Thailand Dirumorkan Rekrut Pelatih Korea, Ini Tanggapan Alexandre Polking
Pelatih Thailand, Alexandre Polking sedang memasangkan ban kapten kepada Teerasil Dangda. (FOTO: Instagram @changsuek)

KRUNG THEP MAHA NAKHON- Timnas Thailand belakangan sempat dirumorkan akan merekrut pelatih anyar dari Korea Selatan dalam waktu dekat. Namun Pelatih Kepala Timnas Thailand, Alexandre Polking, menegaskan dirinya masih akan menetap dalam jangka waktu yang cukup lama bersama Skuad Gajah Perang-julukan Thailand.

Pelatih berpaspor Brasil itu mengaku masih bisa mengarungi kompetisi Piala AFF lagi bersama Timnas Thailand. Dia bertekad untuk mempertahankan gelar juara yang berhasil dia raih pada edisi 2020 lalu.

Menurutnya, waktu merupakan salah satu hal yang terpenting dalam membentuk kualitas tim. Itu menjadi isyarat bahwa Polking akan terus menjabat sebagai pelatih Timnas Thailand sesuai dengan kesepakatan awal.

"Kami akan punya banyak waktu dan mendapatkan tim terbaik [untuk kejuaraan Asia Tenggara. Waktu penting bagi tim untuk bermain di kompetisi tingkat tinggi. Setiap pelatih menginginkan pemain terbaik. Ini tidak mudah karena kami juga harus membantu klub," jelasnya, dikutip dari Bangkok Post, Kamis (23/6/2022).

Perlu diketahui, belakangan Polking dianggap gagal membawa Thailand melangkah lebih jauh di peringkat dunia FIFA. Tercatat saat ini Skuad Gajah Perang berada di urutan ke 111 FIFA Ranking.

Namun catatan kegagalan Polking membawa Thailand U-23 juara di SEA Games 2021 menjadi salah satu faktor yang memicu kritikan. Terlebih mereka menutup laga Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan hasil buruk akibat kalah dari Uzbekistan 0-2 meski telah lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Melansir dari Makan Bola, Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) sempat dilaporkan akan merekrut pelatih Timnas Wanita Korea Selatan, Yoon Deok-yeo. Namun melihat keterangan Polking tersebut menandakan rencana itu masih belum bisa dipastikan.

Sekadar informasi, Yoon Deok-yeo juga pernah menangani Timnas Korea Selatan U-17 pada 2003 lalu. Dia juga pernah membawa Timnas Wanita Korea Selatan berlaga di Piala Dunia Wanita pada 2015 dan 2019.

Merekrut pelatih asal Korea itu nampaknya menjadi tren di negara Asia Tenggara saat ini. Thailand nyaris latah seperti Malaysia yang telah terbawa arus seperti Timnas Indonesia dan Vietnam dengan merekrut Kim Pan-gon.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1477 seconds [13]