logo
Bola Lainnya | Detail

Timnas Jerman Lakukan Gesture Tutup Mulut, Netizen Singgung Kasus Mesut Ozil

Quadiliba Al-Farabi
Kamis, 24 November 2022, 06:15 WIB
Timnas Jerman Lakukan Gesture Tutup Mulut, Netizen Singgung Kasus Mesut Ozil
Timnas Jerman lakukan aksi tutup mulut sebelum lawan Jepang (Foto: REUTERS)

DOHA - Timnas Jerman melakukan aksi tutup mulut saat sesi foto tim sebelum kick off melawan Jepang dalam laga pembuka grup E Piala Dunia 2022. Alih-alih mendapat dukungan, netizen justru menyerang aksi itu sambil menyinggung kasus Mesut Ozil pada 2018.

Diketahui, aksi tersebut sebagai bentuk protes Jermankarena tak diizinkan menggunakan ban kapten “One Love” atau dukungan terhadap kaum LGBT. Mereka menyebut, peraturan ini membungkam kebebasan pendapat dan Hak Asasi Manusia.

“Ini bukan tentang membuat pernyataan politik– hak asasi manusia tidak dapat dinegosiasikan. Itu harus diterima begitu saja, tetapi tetap saja tidak demikian. Itulah mengapa pesan ini sangat penting bagi kami,” tulis akun Twitter resmi Federasi Jerman, sebelum laga yang berakhir kekalahan 1-2 itu pada Rabu (23/11/2022).

“Menolak ban kapten kami sama dengan menolak kami bersuara. Kami berdiri dengan posisi kami,” lanjutnya.

Mesut Ozil saat masih berkostum Timnas Jerman. (Foto: 90min)

Tapi netizen menanggapi hal itu dengan skeptis. Mereka mengingatkan akun itu atas apa yang mereka lakukan kepada gelandang pengantar juara dunia 2014, Mesut Ozil.

Saat 2018, atau di masa-masa Timnas Jerman menjadi bulan-bulanan di Piala Dunia, Ozil menjadi salah satu orang yang banyak disalahkan. Narasi tersebar menyinggung status Ozil sebagai pemain keturunan Turki.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2298 seconds [12]