Tim Nasional | Detail

Timnas Indonesia vs Taiwan: Menanti Kontribusi 5 Pemain Liga Luar Negeri

Hadi Febriansyah
Kamis, 07 Oktober 2021, 11:20 WIB
Timnas Indonesia vs Taiwan: Menanti Kontribusi 5 Pemain Liga Luar Negeri
Winger Timnas Indonesia, Witan Sulaeman. (PSSI)

BURIRAM - Timnas Indonesia akan menghadapi Taiwan pada leg pertama play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (07/10/2021). Pertandingan ini akan menjadi ujian pertama bagi skuat asuhan Shin Tae-yong.

Menghadapi Taiwan, Shin Tae-yong membawa 29 pemain yang berisikan campuran dari pemain muda dan pemain senior. Tapi yang patut ditunggu penampilannya adalah pemain-pemain yang berlaga di luar negeri.

Dari 29 nama tersebut, ada lima pemain yang berlaga di luar negeri, mereka adalah Witan Sulaeman (Lechia Gda?sk), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim), Ryuji Utomo (Penang FC).

Lima pemain ini menang akan menjadi tumpuan tersendiri bagi Shin Tae-yong pada laga kali ini. Tapi sayang, Witan masih belum bisa diturunkan karena ia baru bisa bergabung bersama Timnas Indonesia pada hari ini, Kamis (07/10/2021) akibat terkendala masalah penerbangan.

1. Asnawi Mangkualam

 Timnas Indonesia Bermain Imbang 2-2 Lawan Thailand
Timnas Indonesia Bermain Imbang 2-2 Lawan Thailand

Asnawi menjadi salah satu pemain yang selalu dipanggil oleh Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia berlaga. Bukan tanpa alasan Asnawi menjadi pemain kesayangan Shin Tae-yong, ketika bermain bersama Ansan, Asnawi selalu memberikan penampilan terbaiknya.

Tidak sampai disitu saja, Asnawi juga memiliki kelebihan baik itu dalam bertahan maupun dalam melakukan serangan. Tipikal permainan seperti inilah yang sangat disukai oleh Shin Tae-yong.

2. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo (PSSI)
Ryuji Utomo (PSSI)

Ryuji memang sempat dipanggil oleh Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia berlaga di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai. Tapi sayang karena mengalami cedera Ryuji harus kembali dipulangkan ke Penang FC.

Bersama Penang FC, Ryuji berhasil menunjukkan penampilan terbaiknya. Ia menjadi pemain Indonesia yang sering dimainkan di Liga Malaysia, selain itu sering kali ketika Ryuji bermain Penang FC mendapatkan kemenangan.

 

3. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri (PSSI)
Egy Maulana Vikri (PSSI)


Musim ini Egy bergabung bersama FK Senica dari Lechia Gdansk. Bermain untuk klub Slovakia itu, Egy seperti terlahir kembali. Ia pun mendapatkan menit bermain yang lebih banyak dibandingkan ketika bermain di Lechia Gdansk.

Tidak hanya itu saja, penampilan Egy di FK Senica pun menuai banyak pujian. Pada penampilan awalnya, Egy berhasil menciptakan satu assist dan membawa tim tersebut meraih kemenangan.

4. Syahrian Abimanyu

Kerja Keras, Fisik Pemain Timnas Indonesia Digenjot
Kerja Keras, Fisik Pemain Timnas Indonesia Digenjot


Abi sapaan akrab Syahrian merupakan pemain Indonesia yang sempat berlaga di Liga Australia bersama Newcastle Jets. Tapi perjalanan Abi di sana tidak lah mulus. Abi hanya bermain tiga kali untuk tim tersebut sebelum akhirnya kembali ke Johor Darul Ta'zim.

Ketika kembali ke JDT, Abi mendapatkan kesempatan bermain kembali. Bahkan mantan pemain Madura United ini berhasil membawa JDT berhasil meraih gelar juara Liga Malaysia.

5. Witan Sulaeman

Witan Sulaeman (PSSI)
Witan Sulaeman (PSSI)

Witan memang belum bisa bermain pada leg pertama Timnas Indonesia. Namun pada leg kedua Witan bisa saja menjadi senjata rahasia Shin Tae-yong untuk bisa bermain melawan Taiwan.

Pemain asal Palu ini memang baru saja bergabung dengan Lechia Gdansk. Sebelumnya Witan bergabung bersama FK Radnik Surdulica, bersama Lechia, Witan berhasil mencuri perhatian penampilannya pun bisa lebih matang ketika bermain untuk Lechia.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1410 seconds [12]