logo
Tim Nasional | Detail

Timnas Indonesia U-16 Vs Myanmar U-16: Sempat Blunder, Andrika Fathir Jadi Pahlawan Garuda Asia

Muammar Yahya Herdana
Rabu, 10 Agustus 2022, 23:34 WIB
Timnas Indonesia U-16 Vs Myanmar U-16: Sempat Blunder, Andrika Fathir Jadi Pahlawan Garuda Asia
Andrika Fathir jadi pahlawan kemenangan Indonesia atas Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 (Foto: AFFPresse)

SLEMAN – Kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman, mengaku lega usai menjadi pahlawan di babak adu penalti kontra Myanmar U-16 pada semifinal Piala AFF U-16 2022. Terlebih dirinya sempat miskomunikasi dengan pemain belakang hingga Indonesia kecolongan gol lebih dulu di babak pertama.

Garuda Asia berhasil menang atas Myanmar lewat babak adu penalti dengan skor 5-4 usai bermain imbang 1-1 dalam waktu 90 menit. Laga tersebut berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Rabu (10/8/2022) malam WIB.

Pada babak pertama, Tim Merah-Putih tampil sangat dominan dengan membombardir pertahanan tim tamu. Sayangnya, mereka justru kecolongan di akhir babak pertama oleh gol yang dicetak Nay Min Htet (43’).

Timnas Indonesia U-16 ke Final Piala AFF U-16  2022 (Foto: Twitter/AFFPresse)
Timnas Indonesia U-16 ke Final Piala AFF U-16 2022 (Foto: Twitter/AFFPresse)

Akan tetapi, pada babak kedua Indonesia mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas ciamik dari Muhammad Riski Afrisal. Lalu, pada babak adu penalti Andrika menjadi pahlawan dengan menepis tendangan eksekutor keempat Myanmar, Shine Wanna Aung dan akhirnya kemenangan Indonesia ditentukan oleh Muhammad Nabil Asyura, yang berperan sebagai penendang kelima.

Andrika pun tak memungkiri bahwa dirinya merasa tegang ketika tampil di babak tos-tosan. Akan tetapi menurutnya, berkat bekal dzikir yang dipesan oleh orangtuanya untuk selalu dibaca, dia mampu mengatasi ketegangan tersebut dan akhirnya sukses memberi kemenangan bagi Indonesia.

“Perasaan saya Alhamdulillah sudah agak lega sekarang karena tadi pas adu penalti saya merasa sedikit tegang,” kata Andrika dalam konferensi pers pascalaga, Rabu (10/8/2022).

“Tapi karena sudah dikasih bekal oleh orangtua di rumah dan juga saudara-saudara untuk terus berdzikir agar diberi rezeki oleh Allah SWT dan Alhamdulillah bisa menang,” imbuhnya.

Dengan hasil tersebut, pasukan Bima Sakti melangkah ke partai final Piala AFF U-16 2022. Mereka sudah ditunggu oleh Vietnam, yang sukses mengalahkan Timnas Thailand U-16 di semifinal dengan skor 2-0.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1622 seconds [12]