logo
Tim Nasional | Detail

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023 Usai Bantai Nepal 7-0

Hendry Kurniawan
Rabu, 15 Juni 2022, 04:06 WIB
Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023 Usai Bantai Nepal 7-0
Timnas Indonesia melakukan selebrasi (Foto: AFC)

KUWAIT CITY - Timnas Indonesia menang telak dengan skor 7-0 atas Timnas Nepal dalam matchday pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Bertanding di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, Skuad Garuda langsung menyerang sejak awal.

Dengan kemenangan besar ini maka Timnas Indonesia dipastikan melaju ke putaran final Piala Asia 2023. Indonesia pasalnya mengemas enam poin di Grup A sehingga pasukan Shin Tae-yong ini menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia langsung menampilkan permainan menyerang begitu pertandungan dimulai. Laga baru berjalan 11 detik Skuad Garuda sudah menebar ancaman. Saddil Ramdhani merangsek ke kotak penalti Nepal dan melayangkan tembakan. Sayang, bola masih bisa diblok.

Pasukan Merah Putih membuka keunggulan pada menit keenam. Umpan silang yang dilepaskan Asnawi Mangkualam dari sisi kanan mampu ditanduk dengan sempurna oleh Dimas Drajad. Kiper Nepal, Deep Karki, tak bisa menjangkau si kuli bundar. Indonesia memimpin 1-0.

Timnas Indonesia melakukan selebrasi (PSSI)

Setelah unggul satu gol, Indonesia nampak kurang fokus. Sebab, secara beruntun di menit ke-11 dan 13, Asnawi dan Pratama Arhan melakukan blunder saat melakukan back pass. Untungnya peluang tersebut tak bisa dimanfaatkan pemain Nepal.

Peluang emas didapat Timnas Indonesia pada menit ke-20. Menyisir dari sisi kiri, cut back kemudian dilepaskan Saddil ke bagian tengah kotak penalti. Witan Sulaeman lantas membuat keputusan mengambil tembakan. Namun, bola mampu diamankan Deep Karki.

Pasukan Shin Tae-yong semakin di atas angin ketika laga memasuki menit ke-33. Pasalnya pemain Nepal, Suman Aryal, mendapatkan kartu kuning keduanya di laga ini. Dengan demikian ia harus meninggalkan lapangan permainan.

Keunggulan jumlah pemain ini dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia. Mereka menambah keunggulan di menit ke-44. Memanfaatkan umpan cut back Asnawi, Witan Sulaeman lantas melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Indonesia memimpin 2-0 hingga turun minum.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2036 seconds [13]