Tim Nasional | Detail

Timnas Indonesia Kian Berkembang, Shin Tae-yong Dijuluki Guus Hiddink Indonesia

Hadi Febriansyah
Rabu, 13 Oktober 2021, 12:44 WIB
Timnas Indonesia Kian Berkembang, Shin Tae-yong Dijuluki Guus Hiddink Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru saja memberikan kemenangan pada babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Pada pertandingan tersebut, Timnas Indonesia meraih dua kemenangan dalam dua leg 2-1 dan 3-0, alhasil Timnas Indonesia lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Setelah pencapaiannya tersebut, ternyata Shin Tae-yong langsung mendapatkan pemberitaan yang positif di Korea Selatan. Bahkan salah satu media Korea Selatan, Khan, menyebutkan bahwa Shin Tae-yong adalah Guus Hiddink asal Korsel untuk Indonesia.

Julukan ini tak lepas dari dua permainan Timnas Indonesia ketika menghadapi Taiwan. Pada pertandingan tersebut, permainan Timnas Indonesia kian berkembang, bahkan mereka bisa bermain satu dua sentuhan dengan mentalitas yang luar biasa.

“Guus Hiddink-nya Indonesia, Shin Tae-yong. Dia membawa timnya meraih kemenangan pertama di level A setelah lebih dari satu tahun menjabat dan mengamankan tiket untuk babak kualifikasi ketiga Piala Asia,” tulis Khan.

“Shin, yang mengambil alih tongkat estafet Indonesia pada Desember 2019, memenangkan pertandingan pertama di tahun pertama dan 10 bulan masa jabatannya langsung beri dua kemenangan beruntun sekaligus,” sambung mereka.

Dalam dua laga itu, permainan Indonesia memang dominan dan langsung apik. Dalam persentase memegang bola saja, Indonesia jauh diatas rata-rata. Bahkan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bisa menguasai bola hingga 70 persen.

Tidak sampai disitu saja, Timnas Indonesia juga mampu melepaskan 10 tendangan tepat sasaran. Mereka pun tak memberi Taiwan kesempatan melakukan tembakan tepat sasaran. Patut ditunggu bagaimana kelanjutan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Teranyar mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini akan menghadapi babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Australia di Tajikistan. Apakah tren positif Shin Tae-yong bisa dilanjutkan, kita tunggu saja.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.6685 seconds [13]