Tim Nasional | Detail

Timnas Indonesia Batal Lawan Bangladesh, Shin Tae-yong Pasrah

Rifqi Herjoko
Kamis, 13 Januari 2022, 16:19 WIB
Timnas Indonesia Batal Lawan Bangladesh, Shin Tae-yong Pasrah
Timnas Indonesia batasl melakukan uji coba dengan Bangladesh. (Foto: AFF)

JAKARTA  - Uji coba timnas Indonesia melawan Banglades dipastikan batal. Agenda FIFA Matchday direncanakan berlangsung mulai 24 Januari hingga 4 Februari mendatang. Adapun pertandingan antara Timnas Indonesia menghadapi Bangladesh digelar dua leg di Bali, yakni pada 24 dan 27 Januari.

Penyebabnya, sebanyak 10 pemain Bangladesh belum mendapatkan vaksin kedua. Ketersediaan vaksin di negara itu juga menjadi persoalan. Sebab Bangladesh lebih memprioritaskan warga yang telah berusia 25 tahun ke atas untuk mendapatkan vaksin. Pelatih Bangladesh sebenarnya sudah berusaha untuk mendapatkan fasilitas vaksin kepada pemerintah setempat.

Akan tetapi, sampai hari ini mereka menyampaikan kepada PSSI keinginan untuk mendapatkan vaksin itu tidak terwujud. Padahal aturan di Indonesia, setiap warga negara asing yang masuk diharuskan sudah melakukan vaksin dua kali dan karantina selama 7 hari. ‘’Itu sebabnya FIFA matcday melawan Bangladesh batal. Sulit untuk merealisasikannya dengan alasan beberapa pemain mereka yang belum vaksin,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Untuk menggantikan Bangladesh, PSSI akan mencari lawan lain. Saat ini yang sedang dijajaki dengan negara lain. Terkait perubahan lawan tandingan itu, pelatih Shin Tae-yong sudah menyetujuinya. ‘’Alasan tidak jadi bertanding melawan Bangladesh dapat diterima dan masuk akal,’’ ujar Shin Tae-yong sebelum terbang ke Bali tadi sore untuk memantau BRI Liga 1.

Sebagai informasi, Bangladesh masih kalah dari Indonesia dalam peringkat FIFA. Tim Tanah Air diketahui menempati posisi ke-164, sedangkan Bangladesh berada di peringkat ke-186. Hal itu bisa menunjukkan kualitas skuad kedua negara.

Bangladesh dipimpin oleh pelatih baru Javier Cabrera di laga uji coba nanti. Laga melawan Indonesia akan menjadi debutnya bersama timnas negara tersebut. Menariknya, melatih Bangladesh menjadi pengalaman pertama Javier Cabrera menangani sebuah tim nasional.

Laga uji coba ini diyakini bermanfaat bagi timnas Indonesia. Momen itu bisa dijadikan ajang pemanasan sekaligus mengasah taktik jelang Piala AFF U-23 2022 yang digelar bulan Februari nanti. Selain itu, laga ini juga bisa menjadi momentum tim Garuda untuk menambah poin FIFA.

Liga 1 Ditunda

Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita, memastikan bahwa Liga 1 2021-2022 nantinya akan ditunda selama FIFA Matchday Timnas Indonesia. Hadian Lukita mengatakan bahwa lanjutan Liga 1 seri keempat yang berlangsung di Bali akan diliburkan diliburkan mulai Jumat 21 hingga 27 Januari 2022.

“Liga 1 akan ditunda dahulu mulai 21-27 Januari karena FIFA Matchday,” ungkap Hadian kepada Sportstars, Rabu (12/1/2022). Timnas Indonesia sendiri akan menjalani laga uji coba internasional melawan Bangladesh pada akhir Januari mendatang. Laga uji coba tersebut akan digelar dua kali di Stadion Kapten I Wayan Dipta yakni pada Senin (24/1/2022) dan Kamis (27/1/2022).

FIFA Mathday ini nantinya akan terus berjalan sepanjang tahun ini. Indonesia harus memanfaatkan agenda ini untuk mendongkrak posisi dalam ranking FIFA.Sebelumnya Indonesia juga akan menghadapi Brunei Darussalam atau Tajikistan pada Januari ini. Namun urung terlaksana karena alasan satu dan lain hal. 


 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1137 seconds [13]