Basket | Detail

Timnas Basket Indonesia Diperkuat Pemain NBA G-League di SEA Games 2021

Maulana Yusuf
Sabtu, 16 April 2022, 07:05 WIB
Timnas Basket Indonesia Diperkuat Pemain NBA G-League di SEA Games 2021
PP PERBASI resmi memanggil pemain naturalisasi yang main di NBA G-League, Marques Bolden ke dalam skuad Tim Nasional (Timnas) jelang SEA Games 2022 (Foto: PERBASI)

JAKARTA – PP PERBASI resmi memanggil pemain naturalisasi yang main di NBA G-League, Marques Bolden ke dalam skuad Tim Nasional (Timnas) jelang SEA Games 2022. Selain itu, Marques nantinya diproyeksikan untuk mengikuti beberapa kompetisi ke depan. 

Ketua Umum PP PERBASI, Danny Kosasih mengatakan, Marques akan menjadi tumpuan Timnas Bolabasket Indonesia di berbagai ajang. Mulai dari SEA Games XXXI, FIBA Asia Cup 2022, hingga FIBA World Cup 2023. 

Menurut Danny, Marques dibutuhkan untuk membela Indonesia. Khususnya, dia dipersiapkan untuk kompetisi yang sebentar lagi bergulir yaitu SEA Games Hanoi, Vietnam. Namun, Danny menginginkan Marques juga bisa berkontribusi untuk jangka panjang, bahkan di ajang Piala Dunia sekalipun.

Timnas Basket Indonesia kalah telak dari Lebanon di laga perdana Grup C Kualifikasi FIBA 2023 (Foto: FIBA)

"Kita tidak boleh berpikir SEA Games tidak penting tapi kita harus jelas, fokus kita ke Piala Dunia. Jadi kita harus fokus pada tim yang dipersiapkan untuk kejuaraan dunia,” papar Danny, dilansir dari situs resmi PP PERBASI, Jumat (15/4/2022). 

“Kalau kita hanya juara (di SEA Games), akhirnya kita terpaksa pakai pemain asing 10 dan mungkin kita bisa bawa medali emas ke Indonesia tapi di FIBA World Cup kita diacak-acak orang. Saya kira itu poinnya," jelas Danny.

Sebagaimana diketahui, regulasi di SEA Games memang berbeda dengan FIBA Asia Cup maupun FIBA World Cup. Di multievent antarnegara ASEAN tersebut, penyelenggara membebaskan setiap peserta di cabang olahraga bolabasket memakai pemain naturalisasi. Tidak ada batasan. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1334 seconds [13]