Hobi | Detail

Tiga Variasi Gerak Dasar Lokomotor Dalam Permainan Kasti

Tim Sportstars
Senin, 27 September 2021, 22:28 WIB
Tiga Variasi Gerak Dasar Lokomotor Dalam Permainan Kasti
Berlari merupakan salah satu variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan kasti (Foto: Reuters)

SETIDAKNYA ada tiga variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan kasti yang cukup populer di Indonesia. Kasti merupakan permainan yang dimainkan dua regu dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola kasti dengan tongkat.

Kasti merupakan cabang olahraga bola kecil yang dimainkan oleh dua regu. Permainan itu menggunakan bola kecil seperti bola tenis dan pemukul berbahan dasar kayu sebagai sarana permainan. Satu regu dalam permainan kasti bertugas sebagai pemukul dan satu lagi sebagai pelempar bola. 

Satu orang dari regu pelempar akan melempar bola untuk dipukul oleh satu orang dari tim pemukul. Ketika bola berhasil melambung tinggi, orang tersebut harus berlari ke pos pertama dan berikutnya sebelum bola ditangkap oleh fielder dan dilempar ke arahnya.

Setidaknya ada empat gerak lokomotor dasar yang menyusun jalannya permainan kasti. Berlari lurus dan berlari zig zag, berjalan dan berlari, serta berlari dan melompat. Tiga gerak lokomotor itu berguna selama jalannya permainan.

Gerak lokomotor sendiri merupakan gerak dasar salah satu bagian tubuh yang dapat menghasilkan perpindahan tempat. Berikut tiga gerak lokomotor dalam permainan kasti

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.8289 seconds [12]