F1 | Detail

Tetap Suplai Mesin, Honda Tak Banyak Ubah Dapur Pacu Mobil Baru Red Bull

Fitradian Dhimas Kurniawan
Jum'at, 14 Januari 2022, 16:30 WIB
Tetap Suplai Mesin, Honda Tak Banyak Ubah Dapur Pacu Mobil Baru Red Bull
Kru Red Bull Racing dengan sigap mengganti ban mobil Max Verstappen pada F1 GP AS 2021 (Foto: Reuters/Darron Cummings)

TOKYO - Direktur Honda Motorsport, Masashi Yamamoto, mengaku tak ada niat untuk banyak mengubah mesin buatannya. Dia hanya sedikit menyesuaikan mesin sesuai dengan kebutuhan.

Honda memang sudah mengumumkan meninggalkan F1. Meski begitu, hak intelektual mesinnya sendiri dijual ke pihak Red Bull Racing, yang merupakan konsumennya.

Dengan begitu, Honda masih akan memproduksi mesin F1 untuk Red Bull dan juga tim juniornya, Scuderia Toro Rosso. Begitu F1 2022 dimulai, mesinnya akan dibekukan hingga 2025 mendatang.

Pesaing dari Ferrari dan Mercedes sudah mengindikasikan bakal merombak mesinnya. Dengan begitu, mereka bakal memiliki dapur pacu yang kompetitif selama beberapa musim ke depan.

Honda sebenarnya diperbolehkan untuk mengembangkan mesin. Apalagi seluruh dana pembuatan dan keperluan lainnya ditagihkan kepada Red Bull langsung, dan tak menggunakan uang milik Honda sepeser pun.

Namun, Yamamoto mengungkapkan jika pihaknya tak terlalu mengubah mesin. Mereka hanya akan sedikit menyesuaikan penggeraknya, agar efisien saat diberi bahan bakar dengan kandungan etanol 10 persen atau E10.

“Menurut regulasi, kami dapat memperbaharui semua. Tetapi, kami akan tetap menggunakan bagian yang masih bagus. Namun, kami harus menyesuaikan dengan bahan bakar E10,” kata Yamamoto dikutip RN365, Jumat (14/1/2022).

Kemampuan mesin anyar Honda itu baru akan terlihat pada pengujian pramusim. Pengetesan tersebut akan berlangsung di Sirkuit Barcelona pada 23 hingga 25 Februari 2022.


 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1110 seconds [12]