logo
MotoGP | Detail

Tes Pascamusim Tim Repsol Honda Tak Memuaskan, Alberto Puiq Kecewa Berat

Rio Eristiawan
Rabu, 09 November 2022, 12:45 WIB
Tes Pascamusim Tim Repsol Honda Tak Memuaskan, Alberto Puiq Kecewa Berat
Marc Marquez (Repsol Honda) melaju di Sirkuit Ricardo Tormo untuk MotoGP Valencia 2022 (Foto: Honda Racing Corporation)

VALENCIA - Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig, mengaku masih belum puas dengan performa motor RC213V di tes pascamusim MotoGP Valencia 2022. Pasalnya dua pembalap Repsol Honda Marc Marquez dan Joan Mir tak masuk di posisi 10 besar.

Sesi tes tersebut berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (8/11/2022). Dalam tes tersebut Honda masih kesulitan untuk mengimbangi kecepatan Ducati dan Aprilia.

Hal tersebut terbukti dengan Luca Marini (Mooney VR46 Ducati) menempati posisi pertama, Maverick Vinales (Aprilia Racing) kedua, dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati) ketiga. Sedangkan Marquez dan Joan Mir tak berhasil masuk posisi 10 besar.

The Baby Alien -julukan Marc Marquez- hanya menempati posisi ke-13 dengan selisih waktu 0.644 detik dari Marini yang mencatatkan waktu tercepat 1 menit 30.032 detik. Sedangkan Joan Mir berada di posisi ke-18 dengan selisih waktu 0.882 detik.

Sementara itu, Puig mengatakan Honda masih melakukan pengujian RC213V dengan banyak perubahan dibandingkan musim lalu. Namun, ia mengaku selama tes pascamusim MotoGP Valencia 2022 sulit untuk melihat peningkatan sudah berhasil atau tidak sama sekali.

"Kami sedang menguji semua yang mereka bawa kepada kami, ini adalah prototipe dengan banyak perubahan. Kami telah membawa dua prototipe yang berbeda dan kami telah menguji yang pertama; Ada hal-hal yang berhasil dan ada yang tidak," kata Puig dilansir dari Motosan, Rabu (9/11/2022).

"Saat ini sulit untuk mengetahui apakah kami telah meningkat sedikit, banyak atau tidak sama sekali," jelasnya.

Melihat Marquez dan Joan Mir masih belum bisa bersaing dengan Ducati dan Aprilia khususnya, membuat Puig masih belum puas dan ingin Honda mendapatkan banyak peningkatan di semua aspek. Menurutnya RC213V harus mendapatkan peningkatan, setelah dua pembalap tim pabrikan tertinggal jauh dari pesaingnya.

"Honda harus meningkatkan dalam segala hal dalam kecepatan, pengereman, kecepatan masuk di tikungan. Semua. Ketika Anda berada di belakang, Anda tahu apa yang harus Anda perbaiki ada sesuatu, tetapi ketika Anda tertinggal jauh, itu semua secara umum," pungkasnya.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1822 seconds [13]