MotoGP | Detail

Terungkap! Valentino Rossi Penyebab Juara Dunia Empat Kali Ini Pensiun

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 12 Januari 2022, 22:45 WIB
Terungkap! Valentino Rossi Penyebab Juara Dunia Empat Kali Ini Pensiun
Valentino Rossi saat bersaing dengan Jorge Martinez Salvadores di GP125 (Foto: MotoGP)

VALENCIA – Perjalanan karier Valentino Rossi pada pentas Grand Prix ternyata turut membuat legenda balap asal Spanyol, Jorge Martinez Salvadores, pensiun dari MotoGP. Juara dunia empat kali itu sudah melihat talenta Rossi pada saat debut di GP125 pada tahun 1996.

Saat itu Rossi resmi melakukan debutnya bersama Aprilia. Jorge Martinez Salvadores alias Aspar merupakan salah satu rival terberat Rossi untuk menjadi juara dunia MotoGP pada saat itu.

Aspar memulai kariernya di ajang balap motor sejak tahun 1982 dan sukses menjadi juara dunia sebanyak empat kali sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada 1997. Munculnya talenta muda berbakat seperti Rossi pun membuat Aspar memutuskan untuk pensiun.

Pada tahun debut Rossi, Aspar mampu meraih hasil yang lebih baik dari pembalap asal Italia tersebut. Namun Rossi mampu menjadi juara dunia satu tahun setelahnya dan mengalahkan Aspar yang berada di peringkat kedua.

Valentino Rossi
Valentino Rossi

“Valentino Rossi tiba di Kejuaraan Dunia pada tahun 1996, dia memenangkan saya di balapan pertamanya. Tahun berikutnya dia yang pertama dan saya yang kedua di kejuaraan,” ujar Aspar dilansir dari Italy 24 News, Rabu (12/1/2022).

Atas kekalahan tersebut, Aspar saat itu menyadari bahwa Rossi bersama Aprilia mampu membuat gebrakan yang sangat hebat. Pria berusia 59 tahun itu pun menyadari bahwa dirinya memiliki pesaing muda yang kuat untuk melanjutkan kariernya di MotoGP.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1206 seconds [12]