logo
Tim Nasional | Detail

Terungkap, Sandy Walsh Akui Bisa Main di 3 Laga Babak Grup Piala AFF 2022, Tetapi STY Ingin Lebih

Rifqi Herjoko
Rabu, 18 Januari 2023, 18:40 WIB
Terungkap, Sandy Walsh Akui Bisa Main di 3 Laga Babak Grup Piala AFF 2022, Tetapi STY Ingin Lebih
Silsilah Keluarga Sandy Walsh. (Foto: Instagram/@sandywalsh).

MECHELEN – Pemain naturalisasi Sandy Walsh angkat bicara soal kegagalan debutnya di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 lalu. Pemain berusia 27 tahun itu mengaku bisa saja bermain di babak grup, namun pelatih Shin Tae-yong ingin lebih.

Seperti diketahui, Sandy Walsh merupakan salah satu dari dua pemain naturalisasi anyar Timnas Indonesia. Dia dan Jordi Amat telah resmi menjadi WNI usai mengambil sumpah pada November lalu.

Sandy Walsh merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang diincar pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan itu diproyeksikan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia di masa depan.

Sandy Walsh digadang-gadang bakal tampil di Piala AFF 2022 usai dinaturalisasi menjadi WNI. Sayangnya, debut pemain kelahiran Brussel, Belgia, itu untuk memperkuat Timnas Indonesia tidak dapat terealisasi.

Pelatih klub Sandy Walsh, KV Mechelen, menjelaskan bahwa sang pemain tidak bisa bermain di Piala AFF 2022 karena dia sangat dibutuhkan klubnya. Terlebih lagi, turnamen itu tidak termasuk kalender FIFA, sehingga klub berhak menahan pemainnya.

"Saya sudah menjelaskan kepada Sandy bahwa (Piala AFF) itu bukan turnamen resmi FIFA. Kami sangat membutuhkannya saat ini," ujar pelatih KV Mechelen, Steven Defour, Desember lalu.

Terbaru, Sandy Walsh mengungkapkan fakta bahwa dia sejatinya diizinkan klubnya untuk bermain di tiga laga awal babak grup Piala AFF 2022. Namun, Shin Tae-yong menginginkan lebih. Pada akhirnya, Shin Tae-yong memilih untuk tidak memasukkan Sandy ke daftar skuad final Timnas Indonesia karena hal tersebut.

“Saya terbang ke Bali untuk bergabung ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia. Saya bisa bermain setidaknya di tiga laga di babak grup (Piala AFF 2022). Namun, hal itu tidak cukup bagi Shin Tae-yong. Dia ingin saya bermain setidaknya di semifinal,” ujar Sandy Walsh dilansir dari Eleven Sports, Rabu (18/1/2023).

“Saya hanya bisa bermain di tiga laga babak grup. Pelatih Timnas Indonesia mengerti dan menghormati keputusan tersebut, tetapi dia tidak menganggap perlu untuk memasukkan saya ke skuad,” sambungnya kemudian.

“Tiga laga awal diperkirakan bisa dimenangkan dengan skuad yang sudah ada. Jadi, tidak adil (untuk saya) mengambil tempat pemain yang
berpotensi tampil di semifinal dan final. Saya mengerti keputusan tersebut,” tambahnya.

Sandy Walsh pun gagal melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pencinta sepak bola Tanah Air berharap sang bek kanan dapat bergabung ke Skuad Garuda di Piala Asia 2023 nanti.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2263 seconds [13]