logo
Ragam Lainnya | Detail

Ternyata Ini Pengertian Olahraga Prestasi dan Contohnya!

Okta Novanto
Selasa, 10 Januari 2023, 15:11 WIB
Ternyata Ini Pengertian Olahraga Prestasi dan Contohnya!
Cabang olahraga bulutangkis termasuk dalam jenis olahraga prestasi (FOTO: MPI/Andhika Khoirul Huda)

JAKARTA - Pengertian olahraga prestasi dan contohnya tentu menjadi informasi menarik bagi publik Tanah Air. Seperti diketahui, Olahraga merupakan jenis aktivitas fisik yang dapat mendorong, mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmani dan rohani dalam bentuk yang beragam.

Olahraga diambil dari Bahasa Jawa, yaitu olahrogo. Olah berarti melatih diri menjadi seseorang yang terampil, sedangkan rogo artinya badan. Tujuan utama dari olahraga tentu untuk menyehatkan tubuh.

Namun jika hanya sebatas itu maka dinamakan olahraga rekreasi. Berbeda dengan olahraga prestasi yang mempunyai target tertentu.

Berikut pengertian olahraga prestasi dan contohnya yang telah Sportstars.id sajikan;

Intip aksi Ratu Tinju Kelas WBC, Chantelle Cameron kalahkan Mary McGee

Pengertian Olahraga Prestasi dan Contohnya

Olahraga prestasi yaitu olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan atau atlet secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan. Ini dilakukan melalui ajang kompetisi untuk mencapai target prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan.

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam olahraga prestasi yaitu, pertama identifikasi pemanduan bakat. Setelah seorang atlet menemukan bakatnya, berikutnya ia akan dipandu untuk mengembangkan kemampuannya dengan ilmu dan teknologi.

Kedua, pembinaan berjenjang dan berkelanjutan. Langkah ini agar seorang atlet mampu meningkatkan dan mempertahankan potensi yang dimilikinya. Berikutnya pemberdayaan semua jalur pembinaan.

Hal ini untuk memberikan pembinaan prioritas pada kemampuan tertentu dari seorang atlet. Selanjutnya yakni prioritas cabang olahraga. Agar seorang atlet dapat latihan dengan efektif maka fokuskan pada satu cabang yang menjadi keahliannya. Sehingga tidak buang waktu dan fokus melatih otot yang sama.

Pada poin kelima, adanya penetapan standar kualitas. Dalam olahraga prestasi hal ini sangatlah penting karena dapat meningkatkan kualitas pelatih, guru, manajer, instruktur, dan lainnya.

Investasi dan implementasi IPTEK juga sangat penting terlebih di era modern saat ini. Penerapan IPTEK dalam pembinaan atlet sangatlah berfungsi, misalnya menggunakan aplikasi workout, dan sebagainya.

Terakhir, sistem jaminan kesejahteraan dan masa depan. Pemberian apresiasi berupa penghargaan dan hadiah uang terhadap atlet yang juara dapat menyuburkan dunia olahraga prestasi, karena hal tersebut jadi dasar untuk keberlangsungan hidup di masa kini dan masa depan.

Contoh Olahraga Prestasi

Sepak Bola
Bulu Tangkis
Pencak Silat
Tinju
Renang
Lari Atletik
Voli
Basket
Tenis
Tenis Meja
Basket
Catur
Takraw
Dan masih banyak lagi.

Demikian informasi mengenai pengertian olahraga prestasi dan contohnya, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1854 seconds [12]