logo
Liga Indonesia | Detail

Termasuk Kanjuruhan, PSSI Akui Banyak Stadion yang Tak Layak Gelar Pertandingan Resmi

Ilham Sigit Pratama
Kamis, 06 Oktober 2022, 22:42 WIB
Termasuk Kanjuruhan, PSSI Akui Banyak Stadion yang Tak Layak Gelar Pertandingan Resmi
Stadion Kanjuruhan disebut overcapacity saat pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya (Foto: Reuters/Willy Kurniawan)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto mengakui bahwa banyak stadion di Liga 1 yang tak layak mengelar pertandingan resmi sesuai aturan FIFA. Menurutnya, stadion yang layak menggelar pertandingan resmi hanyalah stadion yang memiliki fasilitas single seat.

Fakta tersebut jelas merunut pada Tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu. Ketidakjelasan jumlah kapasitas stadion dianggap menjadi penyebab panpel menjual tiket melebih kapasitas Stadion Kanjuruhan.

Alhasil, Ketua Panpel, Abdul Harris, pada Kamis (6/10/2022) malam, resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri. PSSI lantas buka suarasoal permasalahan tersebut.

Iwan menilai bahwa masalah itu masih ada kaitannya dengan Stadion Kanjuruhan yang tidak memiliki fasilitas single seat.  Menurutnya, apabila stadion memiliki fasilitas single seat, panitia akan lebih mudah mendata tiket yang terjual sesuai nomor tempat duduk.

Tampak luar Stadion Kanjuruhan Malang (Foto: Avirista Midaada/MPI)
Tampak luar Stadion Kanjuruhan Malang (Foto: Avirista Midaada/MPI)

Aturan FIFA pun telah menyebut, bahwa fasilitas single seat adalah fasilitas wajib yang harus dimiliki sebuah stadion untuk menggelar pertandingan resmi. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kapasitas pasti sebuah stadion.

“Karena kalau kita mengikuti seluruh aturan mitigasi safety and security prosedur FIFA, maka seluruh stadion yg bisa digunakan untuk melakukan pertandingan itu hanya stadion yg mempunyai single seat,” kata Iwan kepada wartawan di Wisma Kemenpora, Kamis (6/10/2022).

“Dengan itu panpel daerah bisa menjual tiket sesuai dengan seat nya, apabila panpel menjual sesuai dengan nomor seatnya, maka panpel akan mendapatkan ID dari penonton di bangku tersebut,” lanjutnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1928 seconds [12]