Liga Italia | Detail

Terlampau Tajir, Pemilik Baru Newcastle United Juga Tertarik Beli Inter Milan

Rifqi Herjoko
Jum'at, 08 Oktober 2021, 08:39 WIB
Terlampau Tajir, Pemilik Baru Newcastle United Juga Tertarik Beli Inter Milan
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) selangkah lagi menjadi bos baru Newcastle United. (Foto: REUTERS)

MILAN - Pemilik baru Newcastle United, Mohammed bin Salman, tampaknya belum puas dengan hanya mengakuisisi klub Liga Inggris tersebut. Terbaru, pengusaha supertajir ini berhasrat untuk mengambil alih raksasa Liga Italia, Inter Milan.

Sebagai informasi, Mohammed bin Salman adalah Pangeran Arab Saudi. Dia resmi mengakuisisi klub Liga Inggris Newcastle United pada Jumat (8/10/2021). Proses akuisisi tersebut dilakukan oleh perusahaan konsorsium sang pangeran, Public Investment Fund (PIF). 

PIF pun harus menggelontorkan uang sebesar 300 juta poundsterling (Rp5,8 triliun) untuk menyelesaikan akuisisi. Menariknya, Mohammed bin Salman dikenal sebagai salah satu konglomerat dunia. 

Jumlah kekayaan yang dimilikinya pun tidak main-main. Secara total, nilai kekayaannya mencapai 320 miliar poundsterling (Rp 6,1 kuadriliun). Itu berarti, kekayaannya 10 kali lipat lebih banyak daripada pemilik Manchester City, Sheikh Mansour!

Dilansir dari Sportbible Kamis (7/10/2021), kesepakatan ini pun disambut baik oleh pendukung Newcastle. Klub tersebut pun digadang-gadang akan menjadi klub sultan baru. Selain itu, mereka diprediksi menjadi tim penantang gelar di kompetisi domestik maupun regional di musim mendatang.

Seakan belum cukup dengan kesepakatan tersebut, kabar terbaru tentang Sang Pangeran mulai muncul. Dia diketahui juga ingin mengakuisisi Inter Milan melalui perusahaannya, Public Investment Fund (PIF). Salman bertekad untuk mengembalikan klub tersebut ke jalur kesuksesan di musim mendatang.

Namun demikian, PIF menerapkan syarat tertentu untuk memuluskan kesepakatan tersebut. Mereka hanya akan mengambil alih klub jika rencana stadion baru yang dibangun di sebelah stadion San Siro dilanjutkan.

Bak gayung bersambut, Inter dikabarkan tengah mencoba mempercepat kesepakatan tersebut menyusul terpilihnya kembali Walikota Milan Giuseppe Sala. Inter diklaim bakal melakukan semua yang mereka bisa demi memuluskan langkah pihak Saudi tersebut di Liga Italia.

Saat ini, Inter Milan diyakini masih terjebak dalam masalah keuangan. Hal itu sempat menyebabkan mereka melepas beberapa pemain bintangnya musim panas lalu, seperti Romelu Lukaku dan Achraf Hakimi. 

Oleh sebab itu, pengambilalihan klub oleh Saudi diyakini dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dan membawa klub meraih kejayaan kembali.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.8442 seconds [13]