logo
Tim Nasional | Detail

Terkuak, Ada Peran Simon McMenemy di Balik Proses Naturalisasi Sandy Walsh

Rifqi Herjoko
Rabu, 18 Januari 2023, 17:33 WIB
Terkuak, Ada Peran Simon McMenemy di Balik Proses Naturalisasi Sandy Walsh
JAKARTA - Nama Sandy Walsh kembali menjadi pembicaraan. Pemain keturunan Indonesia tersebut diusulkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Sandy Walsh diisukan sudah lama untuk mengutarakan niatnya membela Timnas Indonesia. S

MECHELEN Pemain naturalisasi Sandy Walsh menceritakan kembali kisah awal mula dirinya tertarik dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Usut punya usut, ada andil besar mantan pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy, dalam kisah naturalisasi tersebut.

Seperti diketahui, Sandy Walsh merupakan salah satu dari dua pemain naturalisasi anyar Timnas Indonesia. Dia dan Jordi Amat telah resmi menjadi WNI usai mengambil sumpah pada November lalu.

Sandy Walsh merupakan salah satu pemain keturunan Indonesia yang diincar pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Pemain yang berposisi asli sebagai bek kanan itu diproyeksikan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia di masa depan.

Sandy Walsh memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan nenek. Kakeknya lahir di Surabaya dan neneknya lahir di Purworejo. Keduanya merupakan Warga Negara Belanda.

Kini, Sandy Walsh telah resmi menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia. Terbaru, pemain berusia 27 tahun itu menceritakan awal mula dirinya tertarik untuk dinaturalisasi menjadi WNI. 

Usut punya usut, terdapat andil besar mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, pada kisah naturalisasi sang pemain. Coach Simon merupakan orang pertama yang mengontak Sandy Walsh di masa lalu. Saat itu, PSSI memang berencana menaturalisasi sang pemain demi menambah kekuatan lini belakang Timnas Indonesia.

“Pelatih Timnas Indonesia saat itu, Coach Simon (McMenemy), mengontak saya melalui Instagram untuk menanyakan apakah saya benar-benar memiliki darah keturunan Indonesia? Apakah saya memiliki paspor (Indonesia)?” ujar Sandy Walsh dilansir dari kanal Youtube Eleven Sports, Rabu (18/1/2023).

“Saya memutuskan untuk terbang ke Jakarta untuk menemui sang pelatih dan pengurus PSSI. Mereka ingin merekrut saya. Dari situlah hubungan (dengan Indonesia) bermula,” sambung Sandy Walsh kemudian.

Sayangnya, PSSI memecat Simon McMenemy dari kursi kepelatihan. Tak hanya itu, Federasi juga mengalami pergantian pengurus. Hal itu sempat mengakibatkan nasib naturalisasi Sandy Walsh menggantung. Kini, dia akhirnya bisa mewujudkan mimpi membela Timnas Indonesia.

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2118 seconds [12]