logo
Sportainment | Detail

Terdapat 5 Wasit Sepak Bola dengan Gaji Tertinggi: Nomor 1 Capai Rp9 Miliar!

Okta Novanto
Kamis, 08 September 2022, 15:11 WIB
Terdapat 5 Wasit Sepak Bola dengan Gaji Tertinggi: Nomor 1 Capai Rp9 Miliar!
Peran wasit sepak bola sangat krusial sehingga terdapat wasit dengan gaji tertinggi (Foto: The Sun).

JAKARTA - Ada 5 wasit sepak bola dengan gaji tertinggi menjadi sorotan publik di seluruh dunia. Wasit merupakan instrumen untuk mengadili pelanggaran yang terjadi baik di lapangan dan lingkungan lapangan.

Tidak heran jika profesi ini memiliki gaji yang besar karena perannya pun sangat vital. Tanpa wasit, permainan sepak bola profesional tak akan dimulai. Tetapi ada hal yang membuat kita semua tercengang, yaitu mengenai gajinya.

Bahkan ada beberapa yang sudah menembus ratusan juta dalam satu kali pertandingan dan miliaran per musimnya.

Siapa sajakah wasit sepak bola dengan gaji tertinggi? Berikut informasinya telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Daftar Wasit Sepak Bola dengan Gaji Tertinggi

  1. Bjorn Kuipers (Rp145 juta dalam satu pertandingan)

Wasit Bjorn Kuipers (Sumber: Instagram)

Björn Kuipers merupakan wasit kualitas internasional yang lahir di Oldenzaal, Belanda pada 28 Maret 1973. Ia adalah mantan wasit sepak bola yang terdaftar sebagai wasit FIFA sejak 2006 dan wasit grup UEFA Elite sejak 2009.

Gajinya diketahui mencapai Rp145 juta tiap memimpin satu laga. Nominal tersebut tentu sangat fantastis. Dalam kariernya, Kuipers dibantu oleh dua rekan senegaranya yaitu Sander van Roekel dan Erwin Zeinstra.

Selain menjadi wasit, Bjorn Kuipers juga memiliki supermarket sebagai kegiatannya setelah pensiun. Karena ia telah purna tugas pada 7 Agustus 2021.

  1. Cuneyt Cakir (Rp145 juta dalam satu pertandingan)

Wasit Cuneyt Cakir (Sumber: Instagram)

Cuneyt Cakir merupakan salah satu wasit dengan gaji tertinggi kelahiran Istanbul, Turki pada 23 November 1976. Ia berhasil menembus gaji sebesar Rp145 juta dalam sekali mengadili pertandingan.

Cuneyt telah menjadi wasit anggota UEFA Elite sejak 2010. Sedangkan di FIFA sudah sejak 2006. Wasit asal Turki ini telah menjadi pengadil lapangan untuk waktu yang lama.

Hingga Federasi Internasional Sejarah dan Statistik Sepak Bola mendeklarasikannya sebagai untuknya sebagai wasit terbaik kedua di dunia berdasarkan penampilannya sebelumnya dari 2010 hingga 2020.

  1. Felix Brych (Rp145 juta dalam satu pertandingan)

Wasit Felix Brych (Sumber: Instagram)

Felix Brych merupakan wasit kelas kakap yang lahir pada 3 Agustus 1975 di Munich, Jerman Barat. Gajinya sangat fantastis yaitu Rp145 juta dalam sekali pertandingan.

Felix merupakan wasit yang bekerja untuk SV Am Heart. Selain berbakat dalam bidang olahraga, ia juga serius dalam studi hingga dirinya bergelar doktor hukum. Wasit Jerman ini terpilih sebagai pengadil di Piala Dunia Rusia pada 2018. Felix terkenal sebagai wasit yang paling rajin akan segala hal.

  1. Damir Skomina (Rp145 juta dalam satu pertandingan)

Damir Skomina merupakan wasit terkenal yang lahir di SR Slovenia, SFR Yugoslavia pada 5 Agustus 1976. Gaji wasit ini sangat mencengangkan karena mencapai Rp145 juta dalam sekali laga.

Damir Skormia saat ini menjadi mantan wasit sepak bola kategori UEFA Elite dari Slovenia. Dia adalah wasit dengan gaji tertinggi kedua dalam kategori UEFA Elite. Wasit Yugoslavia ini telah memimpin beberapa pertandingan akbar dalam beberapa tahun terakhir.

Diantaranya Final Liga Europa 2016/2017 dan perempat final Liga Champions UEFA yang bersejarah antara Barcelona dan Bayern Munich pada 2019-2020.

  1. Mark Clattenburg (Rp9,4 miliar per musim)

Wasit Mark Clattenburg (Sumber: Instagram)

Mark Clattenburg merupakan wasit dengan gaji tertinggi di dunia yang lahir pada 13 Maret 1975 di Place County Durham, Inggris. Gajinya luar biasa tinggi karena mencapai Rp9,4 miliar dalam satu musim.

Mark Clattenburg memiliki segudang pengalaman yaitu sebagai wasit Liga Premier dan Asosiasi Sepak Bola Durham County serta mantan wasit FIFA. Wasit asal Inggris ini pernah memimpin laga akbar seperti Final Liga Champions UEFA 2016 dan Final UEFA Euro 2016.

Bahkan ia pernah disebut sebagai wasit Eropa terbaik di generasinya. Harga per musimnya yang mencapai Rp9,4 miliar itu ditandatanganinya pada kesepakatan memimpin laga di Federasi Sepak Bola Arab Saudi. Sebelum itu, Mark Clattenburg sempat viral lantaran menghentikan pertandingan saat adzan berlangsung.

Demikian informasi mengenai wasit sepak bola dengan gaji tertinggi, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1840 seconds [13]