logo
Hobi | Detail

Teknik Zone Defence dalam Permainan Sepak Bola, Diperlukan Kerja Sama Tim

Tim Sportstars
Senin, 25 Juli 2022, 17:20 WIB
Teknik Zone Defence dalam Permainan Sepak Bola, Diperlukan Kerja Sama Tim
Zone Defence dalam Permainan Sepak Bola merupakan salah satu cara bertahan untuk menjaga gawang aman dari serangan lawan. (Foto: The Guardian)

JAKARTA - Teknik zone defence dalam permainan sepak bola akan dibahas pada artikel ini. Zone defence merupakan salah satu pola pertahanan yang dilakukan oleh pemain belakang untuk mengamankan gawang dari penyerang yang ingin mencetak gol.

Teknik ini memerlukan kerja sama tim yang baik untuk mempertahankan gerak bola dari penyerang lawan yang menuju ke gawang kita. Zone defence bila dilakukan dengan tepat akan sangat efektif untuk mempertahankan gawang dari ancaman lawan, karena teknik itu bisa mendorong lawan keluar dari wilayah kita.

Secara harfiah, zone defence adalah pertahanan area. Setiap pemain dalam satu tim harus sekuat tenaga menutup area pertahananan agar tak dimasuki serangan lawan. 

Berikut cara pertahanan zone defence dalam permaian sepak bola:

Pertahanan Pertama

Saat lawan memulai serangan, pemain yang paling dekat dengan bola harus bertahan mengganggu lawan. Pemain tersebut bertanggung jawab menutup ruang secepat mungkin sehingga mereka bisa mendapatkan tekanan pada bola.

Saat mendekati penyerang lawan, pemain bertahan harus mengendalikan tubuhnya agar tak mudah dikecoh oleh lawan. Sehingga, penyerang lawan tak bisa menggunakan momentumnya untuk mengalahkan pemain bertahan pertama dengan mudah.

Pertahanan Kedua 

Dalam sistem ini, diperlukan bek kedua untuk melakukan covering atau perlindungan. Bek kedua itu akan berdiri di belakang bek pertama. Sehingga, jika bek pertama berhasil dilewati lawan, maka bek kedua bisa dengan cepat menutup ruang gerak lawan. 


Demikian informasi singkat cara zone defence dalam permainan sepak bola. Semoga bisa menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstar.id(Adi Sekararum Destiani)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1575 seconds [13]