logo
Hobi | Detail

Teknik Penyerahan dan Penerimaan Tongkat dalam Lari Estafet

Tim Sportstars
Kamis, 12 Januari 2023, 20:18 WIB
Teknik Penyerahan dan Penerimaan Tongkat dalam Lari Estafet
Teknik pemindahan tongkat dalam lari estafet perlu dipelajari agar bisa memainkan olahraga ini dengan baik. (Foto: REUTERS)

SALAH Satu teknik yang paling penting dalam olahraga lari estafet adalah teknik penyerahan dan penerimaan tongkat estafet. Lari estafet atau lari sambung adalah jenis olahraga cabang lari kelompok pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian. 

Dalam satu regu terdapat empat orang pelari, yaitu pelari pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Selain melatih kekuatan otot, lari sambung juga memberi kesegaran jasmani dan rohani dan membuat tubuh menjadi bersemangat.

Saat pertandingan setiap regu akan menerima satu tongkat kecil. Setiap anggota tim harus berlari ke tempat tertentu, menyentuh tongkat lantas berlari lagi memberikan tongkat itu kepada teman selanjutnya. 

Pelari harus segera berlari setelah menerima tongkat dan melakukan hal yang sama kepada pelari selanjutnya. Tim yang pertama kali menyelesaikan lomba dialah pemenangnya.

Agar tongkat estafet tidak jatuh saat diberikan pada peserta lain, pelari harus memegang tongkat estafet dengan tangan kiri dan memberikannya juga dengan tangan kiri. Sedangkan penerima tongkat bersiap menerima tongkat dengan tangan kanan. Lebih jelasnya, berikut teknik penyerahan dan penerimaan tongkat estafet.

Teknik Penyerahan dan Penerimaan Tongkat Estafet

1. Teknik Penyerahan tongkat estafet 

a. Penyerahan ke atas
Teknik ini dilakukan jika jarak antar pelari bekisar 1 meter atau kurang. Pelari menyerahkan tongkat dengan menggerakkan tongkat ke atas dan memberi tongkat di antara jari-jari dan ibu jari penerima. 

Penerima harus sudah siap meluruskan tangan ke belakang dengan tangan terbuka untuk menerima tongkat.

b. Penyerahan ke bawah
Teknik ini dilakukan saat jarak antar pelari bekisar 1 meter atau lebih. Pelari menyerahkan tongkat dengan cara melintang di telapak tangan penerima. Tangan penerima harus dijulurkan ke belakang dalam posisi horizontal dan telapak tangan menghadap ke atas.

2. Teknik penerimaan tongkat estafet

a. Penerimaan visual
Teknik penerimaan visual dilakukan dengan cara penerima melihat atau menoleh ke belakang. 

b. Penerimaan non visual
Teknik menerima tongkat non-visual dilakukan dengan tidak menoleh ke belakang karena jarak yang digunakan terlalu pendek. 

Posisi Pelari Estafet

1. Pelari pertama ditempatkan pada garis start pertama dengan lintasan di tikungan.
2. Pelari kedua ditempatkan pada garis start kedua dengan lintasan lurus. 
3. Pelari ketiga ditempatkan pada garis start ketiga dengan lintasan di tikungan. 
4. Pelari keempat ditempatkan pada garis start keempat dengan lintasan lurus dan akan berakhir di garis finish.

Itulah ulasan terkait macam teknik penyerahan dan penerimaan tongkat estafet yang sudah dirangkum Sportstars dari berbagai sumber. Selamat mencoba (Syifa Fauziah)


 

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2442 seconds [13]