logo
Ragam Lainnya | Detail

Teknik Pengambilan Napas pada Renang Gaya Punggung, Penting Untuk Pemula

Tim Sportstars
Selasa, 08 November 2022, 20:21 WIB
Teknik Pengambilan Napas pada Renang Gaya Punggung, Penting Untuk Pemula
Teknik pengambilan napas pada renang gaya punggung sebenarnya sangat mudah (Foto: Reuters/Rob Schumacher)

JAKARTA - Teknik pengambilan napas pada renang gaya punggung wajib diketahui oleh para calon atlet. Renang merupakan olahraga yang melombakan kecepatan.

Gaya renang yang diperlombakan merupakan gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang merupakan perenang yang merampungkan jeda lintasan tercepat.

Gaya punggung yakni gaya renang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung adalah gaya renang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.

Dalam gaya punggung, perenang harus berenang menghadap ke atas. Gerakan kaki dan tangan mirip dengan gerakan bebas tapi dengan posisi terlentang di atas air. 

Kedua tangan secara bergantian meraih ke arah pinggang seperti gerakan mengayuh pedal. Mulut dan hidung keluar dari air, sehingga mudah untuk menghirup atau menghembuskan napas melalui mulut atau hidung.

Lalu, bagaimana cara pengambilan napas yang benar? Simak penjelasannya di bawah ini!

Teknik Pengambilan Napas pada Renang Gaya Punggung

Dilansir dari Bahan Belajar Mandiri 6 Renang dan Olahraga Pilihan, berikut teknik pengambilan napas pada renang gaya punggung.

Mengambil napas dalam gaya punggung sebenarnya tidak susah, karena mulut dan hidung selalu berada di atas permukaan air. Gangguan yang seringkali terjadi percikan air, apabila masuk ke dalam hidung. Percikan air tersebut terjadi terutama disebabkan oleh gerakan lengan. 

Untuk menghindari gangguan tersebut, usahakan tidak mengambil napas waktu gerakan tangan akan mendekati hidung. Untuk gaya punggung pengambilan napas sebaiknya dilakukan melalui mulut dan hidung, pada saat kedua lengan berada di dalam air, yaitu pada saat kedua lengan dalam posisi mendatar, saat lengan yang satu masuk dan lengan lainnya akan keluar.

Seperti itu cara teknik pengambilan napas pada renang gaya punggung. Semoga para pembaca setia Sportstars.id mempraktikkannya ketika renang gaya punggung. Terus berlatih dan jangan patah semangat! 

(Fiki Darnaes)

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1765 seconds [13]