logo
Basket | Detail

9 Teknik Passing dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Senin, 08 Agustus 2022, 22:45 WIB
9 Teknik Passing dalam Permainan Bola Basket
Teknik Passing dalam Permainan Bola Basket (Foto: REUTERS)

Teknik passing dalam permainan bola basket akan dibahas dalam artikel kali ini. Passing merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket, dengan melakukan passing, pemain dapat melakukan gerakan mendekati ring basket, kemudian melakukan gerakan menembak (shooting) untuk mendapatkan Point.

Passing merupakan skill yang efektif untuk mengubah alur serangan, dengan dibantu kecepatan, target, timing, trik, dan komunikasi saat melakukannya.

Melalui passing peluang untuk mencetak angka akan semakin besar. Tim yang hebat adalah tim yang mempunyai kerja sama yang baik. Kerjasama itu diwujudkan dengan passing. Kali ini Sportstars.id akan memberi ulasan acam-macam jenis passing dalam permainan bola basket.

Macam-Macam Passing Dalam Bola Basket

1. Chest Pass 

Passing ini biasa disebut operan dada. Jenis passing ini merupakan yang paling efektif dilakukan pada saat pemain tidak dijaga oleh lawan atau musuh.

Chest pass dilakukan dengan cara lemparan atau umpan dua tangan yang dilakukan dari depan dada, lemparan dilakukan dua tangan dengan kencang sehingga bola meluncur dengan cepat.

2. Bounce Pass 

Passing ini biasa disebut operan pantul, gerakan passing yang dilakukan agar penerima dapat menangkap bola dari pantulan ke daerah pinggul penangkap bola tersebut.

Operan Bounce Pass dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai sehingga rekan tim dapat menangkapnya dengan mudah.

3. Overhead Pass 

Passing ini sering disebut passing atas. Passing ini dilakukan dari atas kepala ke arah atas kepala penangkap bola, passing ini efektif dilakukan apabila lawan menggunakan pertahanan daerah.

Overhead pass berguna dalam menghindari serangan atau kejaran lawan yang berada tepat di depan kita. Teknik overhead pass umumnya dilakukan ketika pengoper dan rekan satu tim memiliki postur lebih tinggi dari lawan yang sedang menghadang, menyerang, maupun menjaga.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1698 seconds [13]