Basket | Detail

Teknik Mengoper Bola Jarak Jauh dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Rabu, 24 November 2021, 04:17 WIB
Teknik Mengoper Bola Jarak Jauh dalam Permainan Bola Basket
Forward Houston Rockets Christian Wood seperti sedang bersiap melakukan teknik mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket. (Foto: Reuters)

MENJADI bagian dari taktik permainan, maka dibutuhkan teknik mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket yang sempurna agar umpan-umpan tersebut tepat sasaran dan tidak menghasilkan turnover. Teknik mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket yang dinilai efektif, adalah baseball pass

Basket merupakan permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing terdiri dari 5 pemain. Permainan bola basket dimainkan di lapangan yang berbentuk persegi panjang dan umumnya dilakukan pada indoor. Setiap tim berusaha untuk menaklukan lapangan dengan cara mencetak poin. Strategi dan teknik merupakan hal penting dalam permainan bola basket. Teknik juga harus dikuasai agar tim dapat mencapai tujuannya, yaitu menghasilkan poin.  

Teknik mengoper merupakan keterampilan yang wajib pemain miliki. Hal ini dikarenakan, pada saat di lapangan pemain harus mengoper bola basket kepada pemain lain. Teknik mengoper ini harus dilakukan dengan benar agar bola tidak salah sasaran. Umumnya teknik mengoper bola basket dibagi menjadi dua jenis, yaitu air pass dan bounce pass. Namun, teknik tersebut berkembang sehingga memiliki beberapa variasi, seperti chest pass, overhead pass, wrap pass, dribble pass, baseball pass, behind-the-back pass, dan pick and roll pass. 

Teknik mengoper bola basket dapat dilakukan dengan jarak dekat dan jarak jauh. Adapun salah satu teknik mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket yang dinilai efektif, yaitu baseball pass. Teknik Baseball pass adalah operan satu tangan yang digunakan melempar bola jarak jauh.

Saat melempar umpan, orang tersebut berdiri menyamping ke targetnya dan mengangkat bola tepat di atas bahunya. Tangan passing berada di belakang bola, dengan siku mengarah ke tanah dan tangan lainnya di sisi bola. Seperti halnya operan apa pun, mengambil langkah kecil ke depan saat operan dilempar membantu memberi kekuatan pada operan. Nah, berikut ini merupakan cara melakukan baseball pass sebagai teknik mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket:

1. Mulailah dengan posisi siap dengan memajukan salah satu kaki dan peganglah bola dengan kuat menggunakan kedua tangan 

2. Arahkan bola ke dekat telinga dan putarlah pinggul sedikit

3. Pastikan posisi tangan lurus mengarah ke depan 

4. Dorong bola menggunakan tangan paling belakang yang menumpu bola

5. Majukan kaki belakang dan putar pinggul ke arah depan ketika mendorong bola. 

Khusus pemain muda yang perlu menjadi perhatian adalah kebiasaan mereka sering memulai operan panjang di pinggul dan tangan mereka di bawah bola dan kemudian melemparkannya dengan menggerakkan lengan mereka dalam gerakan melingkar. Teknik ini biasanya tidak akurat dan harus dihindari. (haya aulia/safwah tita)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.8666 seconds [12]