Ragam Lainnya | Detail

Teknik Lempar Lembing Gaya Finlandia Beserta Penjelasan Lengkap

Johana Joy Artamira
Jum'at, 24 Juni 2022, 08:08 WIB
Teknik Lempar Lembing Gaya Finlandia Beserta Penjelasan Lengkap
Lempar lembing bisa menggunakan gaya Finlandia sebagai alternatif. (Foto: olympics,com)

JAKARTA-Teknik lempar lembing gaya Finlandia merupakan olahraga yang dipraktikkan dengan melempar. Teknik lempar lembing gaya Finlandia bisa menjadi salah satu alternatif.

Olahraga ini menuntut kekuatan serta kecepatan seseorang dalam melempar lembing. Lembing yang digunakan dalam olahraga ini hampir menyerupai seperti tombak tetapi lembing mempunyai desain yang lebih ringan serta kecil.

Terdapat salah satu teknik atau gaya yang dapat diterapkan pada saat melakukan lempar lembing yakni gaya Finlandia. Berikut ini adalah ulasan mengenai teknik lempar lembing gaya Finlandia.

Teknik Lempar Lembing Gaya Finlandia

1. Teknik Awalan

Dilansir dari berbagai sumber, teknik lempar lembing ini diawali dengan tubuh yang dalam keadaan berdiri tegak lurus diikuti dengan lembing yang dipegang oleh tangan kanan pada posisi horizontal berada di atas pundak. Kemudian, arahkan pandangan ke depan dengan posisi kepala yang tegak lurus. 

Apabila sudah siap melakukan lempar lembing serta terdengar aba – aba dari wasit, maka berlarilah dengan agak berjingkat. Setelah itu, larilah dengan normal dengan kecepatan yang tinggi seraya tetap menjaga posisi lengan yang membawa lembing. Kembalilah berjingkat pada saat enam langkah terakhir.

2. Teknik Melempar

Tariklah lembing ke sisi belakang dan menghadap ke atas dengan membentuk sudut sekitar 45 derajat pada empat langkah sebelum langkah terakhir. Fokuskan pandangan ke titik lempar yang menjadi sasaran atau target.

Kemudian, maksimalkanlah kekuatan dalam tubuh guna melakukan lemparan tepat pada langkah ke tiga sebelum melempar. Setelah itu, kaki kanan digunakan untuk berjingkat diikuti dengan badan yang agak terangkat. Lalu, kaki kiri digunakan sebagai tumpuan. Tekuklah kaki kanan sedikit ke bawah dan lakukanlah tolakan ke depan sembari melempar lembing.

3. Teknik Setelah Melempar

Jagalah posisi kepala agar tidak menunduk setelah melakukan lempar lembing. Apabila kepala menunduk kemudian badan jatuh ke depan, hal ini berpotensi untuk menyebabkan terjadinya cedera pada wajah lantaran wajah berbenturan dengan tanah.

Nah, itulah tadi informasi mengenai teknik lempar lembing gaya Finlandia. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1319 seconds [12]