logo
Ragam Lainnya | Detail

Teknik Lempar Cakram Gaya Samping dan Gaya Belakang

Tim Sportstars
Rabu, 14 Desember 2022, 20:10 WIB
Teknik Lempar Cakram Gaya Samping dan Gaya Belakang
Lempar Cakram (Foto: REUTERS)

TEKNIK lempar cakram gaya samping dan gaya belakang harus dilakukan dengan baik agar cakram yang dilemparnya jauh. Biasanya olahraga ini rutin dilakukan pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga.

Mengutip dari buku Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kelas IX, Lempar cakram merupakan salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik. Di acara Olimpiade sejak 708 SM, lempar cakram adalah bagian dari panca lomba (pentathlon). Lempengan cakram pertama kali terbuat dari batu yang dipoles halus dan kemudian dari perunggu yang dicor dan ditempa. 

Cara melakukan lemparan awalnya meniru cara nelayan menebar jala secara berulang-ulang. Lalu ditemukan lemparan dengan gaya sikap badan menyiku dan badan sedikit ditekuk ke depan. Berat cakram untuk putra yaitu 2 kg dengan diameter 219-221 mm, sedangkan untuk putri yaitu 1 kg dengan diameter 180-181 mm. 

Permainan lempar cakram dalam melempar memiliki tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap melaksanakannya, dan terakhir tahap akhiran. Selain itu, lempar cakram memiliki macam-macam gaya, di antaranya gaya samping dan gaya belakang.

Teknik Lempar Cakram Gaya Samping dan Gaya Belakang

Dalam lempar cakram terdapat dua jenis gaya lemparan yang biasa digunakan oleh para atlet. Dilansir dari Atletik Dasar dan Lanjutan, berikut langkah-langkahnya:

Teknik Lempar Cakram Gaya Samping

Cara melakukannya:

  1. Sikap permulaan berdiri miring atau menyamping ke arah sasaran
  2. Sesaat akan memulai berputar lengan kanan diayun jauh ke belakang
  3. Sumbu putaran pada kaki kiri (telapak kaki bagian depan atau ujung) selama berputar lengan kanan selalu di belakang
  4. Pada posisi melempar badan merendah lengan kanan di belakang pandangan ke arah sasaran
  5. Setelah cakram lepas dari tangan kaki kanan melangkah ke depan berpijak di bekas telapak kaki kiri yang saat itu telah berayun ke belakang

Teknik Lempar Cakram Gaya Belakang

Cara melakukannya:

  1. Sikap pertama berdiri membelakangi arah lemparan sesaat akan berputar lengan kanan diayun jauh ke belakang pandangan mulai melirik ke kiri.
  2. Saat mulai berputar ujung telapak kaki kiri sebagai sumbu dan tolakan kaki kiri itu pula badan meluncur ke arah lemparan, kaki kanan secepatnya diayun memutar ke kiri untuk berpijak.
  3. Sesaat kaki kanan mendarat kaki kiri dengan cepat pula diayun ke kiri untuk berpijak dan terjadilah sikap lempar.
  4. Setelah cakram lepas dari tangan kaki kanan segera diayun ke depan dan kaki kiri diayun ke belakang.

Seperti itulah teknik lempar cakram gaya samping dan gaya belakang. Silakan cermati dan pahami langkah demi langkahnya, agar lemparan cakramnya jauh. Selamat mencoba dan terus berlatih! (Fiki Darnaes)

Editor : Saliki Dwi Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1907 seconds [12]