Hobi | Detail

Teknik Gerakan yang Dominan Dilakukan dalam Permainan Sepak Bola

Tim Sportstars
Selasa, 21 September 2021, 14:21 WIB
Teknik Gerakan yang Dominan Dilakukan dalam Permainan Sepak Bola
Kontrol dada yang dilakukan Romelu Lukaku merupakan salah satu teknik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola. (Foto: Reuters)

BANYAK teknik gerakan yang dominan dilakukan dalam permainan sepak bola untuk dikembangkan. Apalagi, sepak bola adalah salah satu olahraga yang terus mengalami perkembangan, baik dari sisik taktik atau teknik sehingga dibutuhkan pengembangan skill. 

Memang, pada dasarnya, permainan sepak bola mengandalkan berbagai gerakan untuk memainkannya. Namun, ada beberapa gerakan dominan yang dilakukan tiap pemainnya. Gerakan ini dinilai dasar dari permainan sepak bola, seperti menahan, menggiring, menyundul, dan menendang bola

Tanpa gerakan tersebut, agaknya tak akan tercipta permainan sepak bola ini. Dalam prosesnya teknik tersebut berkembang seiring waktu serta perkembangan sepak bola secara keseluruhan. Kemampuan para pemain bola bahkan layaknya seniman yang tidak mudah dipelajari. 

Berikut rincian terkait gerakan dominan yang sering dilakukan:

MENAHAN BOLA

Menahan bola umumnya selalu dilakukan ketika pertandingan. Teknik ini digunakan untuk menerima umpan datar maupun umpan lambung. Menahan bola bisa menggunakan beberapa anggota tubuh, seperti dada dan kaki. Adapun cara yang harus dilakukan untuk menahan bola dengan baik dan benar sebagai berikut:

A. Menahan Bola dengan Kaki Bagian Dalam.
1. Berdiri pada arah datangnya bola.
2. Kuatkan kaki tumpuan bagian dalam dengan baik.
3. Ketika bola mendekat, tarik kaki sedikit ke belakang agar bola tidak memantul jauh.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2993 seconds [13]