logo
Hobi | Detail

Teknik Dasar, Fungsi, dan Manfaat Senam Lantai

Johana Joy Artamira
Sabtu, 23 Juli 2022, 22:20 WIB
Teknik Dasar, Fungsi, dan Manfaat Senam Lantai 
Gerakan dalam senam lantai memiliki fungsi dan manfaatnya (Foto: istimewa).

JAKARTA–Artikel kali ini akan membahas tentang fungsi senam lantai. Diketahui dari berbagai sumber, senam lantai adalah senam yang dalam praktiknya dilakukan di atas lantai menggunakan alas berupa matras atau senam yang dilakukan tanpa musik.

Teknik Dasar Senam Lantai

Salah satu cara guling depan dan guling belakang dalam senam lantai. (Foto: medibank)

Terdapat berbagai teknik dasar dalam senam lantai seperti guling belakang, guling depan, kayang, dan sikap lilin. Guling depan adalah senam lantai yang dilakukan dengan cara berguling ke arah depan secara sistematis dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul. 

Sementara, guling belakang dilakukan dengan berguling ke belakang secara urut mulai dari pinggul, pinggang, punggung, kepala bagian belakang, dan kedua kaki. Kemudian, kayang merupakan bagian dari senam lantai yang diawali dengan posisi berdiri, kedua kaki dibuka sedikit lalu mengayunkan tangan ke belakang hingga telapak tangan mendarat di matras.

Sikap lilin adalah suatu senam lantai yang dilakukan dengan tubuh tidur terlentang, bahu menempel pada lantai, pinggang diangkat dengan kedua tangan, serta angkat kedua kaki ke atas dalam keadaan rapat dan lurus.

Fungsi Senam Lantai

Tujuan utama dalam melakukan senam lantai adalah untuk meningkatkan kelenturan tubuh. Senam lantai memiliki berbagai manfaat seperti dapat membakar lemak dalam tubuh, menjaga kekuatan otot, menyehatkan tulang, dan mampu mengatasi depresi.

Manfaat Senam Lantai

Senam lantai yang dilakukan secara rutin tentu akan membantu kebugaran jasmani. Salah satu fungsi senam lantai adalah melatih keseimbangan. Selain itu juga dapat memperkuat otot tubuh bagian atas, membuat tubuh lebih lentur, meningkatkan rasa percaya diri. 

Hal ini karena dalam senam lantai menggunakan tumpuan pada salah satu atau dua bagian tubuh. Seperti halnya dalam jenis senam lantai seperti kopstand.

Berlatih gerakan senam lantai dapat melatih otot-otot dan sendi di tubuh untuk meningkatkan fleksibilitas dan melemaskan otot agar terhindar dari cedera serius. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1530 seconds [12]