logo
Ragam Lainnya | Detail

Teknik Dasar dan Manfaat Renang Gaya Punggung

Tim Sportstars
Kamis, 06 Oktober 2022, 19:13 WIB
Teknik Dasar dan Manfaat Renang Gaya Punggung
Cara mengambil nafas dalam renang gaya dada (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Penguasaan Teknik dasar dan manfaat renang gaya punggung harus diketahui agar bisa mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Renang gaya punggung merupakan teknik renang yang paling mudah untuk dibedakan oleh para pemula, karena kita menghadap ke atas ketika melakukan teknik ini.

Renang gaya punggung membuat kita jadi lebih mudah untuk bernafas ketika melakukan olahraga renang tetapi dibutuhkan kekuatan dan koordinasi otot tubuh yang lebih baik untuk bisa mempertahankan posisi badan di dalam air dan arah renang tetap lurus.

Teknik Dasar Renang Gaya Punggung

Sesuai dengan namanya, renang gaya punggung dilakukan dengan punggung menjadi tumpuannya. Akan tetapi, renang gaya ini lebih dari hanya mengambang di air. Berikut adalah teknik dasar renang gaya punggung:

  1. Tubuh harus setegak mungkin, dengan kepala sejajar, mata melihat ke atas tetapi tetap stabil.
  2. Gerakan kaki berasal dari pinggul.
  3. Ayunkan 1 (satu) lengan ke atas dan putar ke belakang kepala hingga kembali ke bawah air.
  4. Gerakan kaki dan ayunan lengan harus bersamaan dengan mempertahankan posisi kepala tetap stabil.

Seorang perenang sedang melakukan salah satu teknik dasar renang gaya punggung. (Foto: Youtube Wicaksono Satrio)

Manfaat Renang Gaya Punggung

Setelah mengetahui teknik dasar dari renang gaya punggung, maka sekarang saatnya kita mengetahui apa saja manfaat renang gaya punggung. Berikut adalah manfaat renang gaya punggung:

  1. Melatih otot tubuh

Dengan melakukan renang gaya punggung kita menggunakan banyak otot untuk menggerakkan serta menyeimbangkan tubuh di dalam air.
Memperbaiki postur tubuh Teknik renang ini dapat membuat otot-otot tubuh bekerja untuk menjaga punggung tetap lurus di dalam air. Hal ini dapat dijadikan salah satu teknik untuk memperbaiki postur tubuh.

  1. Meninggikan badan

Teknik ini melatih kita untuk menjaga tubuh tetap lurus di dalam air. Karenanya, tulang belakang akan memanjang sehingga membuat kamu tampak lebih tinggi.

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Teknik ini membantu sendi tetap fleksibel dan longgar, serta pinggul penjadi penopang kaki di dalam air dengan lengan yang bergerak. Karena seluruh anggota tubuh bergerak dalam gaya renang ini, yang menyebabkan tubuh menjadi lebih lentur. (Rizke Robiatul Alawiah)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3041 seconds [13]