logo
Ragam Lainnya | Detail

Teknik Awalan dan Tolakan pada Lompat Jauh yang Benar

Tim Sportstars
Kamis, 03 November 2022, 16:27 WIB
Teknik Awalan dan Tolakan pada Lompat Jauh yang Benar
Berikut teknik awalan dan tolakan pada lompat jauh yang benar. (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Berikut teknik awalan dan tolakan pada lompat jauh yang benar. Dalam melakukan lompat jauh, tentunya terdapat beberapa teknik yang harus kita perhatikan. 

Dengan memperhatikan teknik tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan agar para pelompat melakukan lompat jauh dengan baik, tanpa mengalami cedera.

Gerakan pada olahraga lompat jauh harus dilakukan secara berurutan. Dalam olahraga ini, gerakan dimulai dari awalan, dilanjut tolakan, setelah itu gerakan melayang di udara, dan terakhir pendaratan.

Tim Sportstars.id sudah merangkum teknik awalan dan tolakan pada lompat jauh yang akan sama-sama kita pelajari.

Teknik Awalan dan Tolakan pada Lompat Jauh

Atlet lompat jauh melayang sebelum mendarat ke bak pasir (Foto: REUTERS)

Untuk melakukan gerakan lompat jauh, pastinya kita harus mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar dapat menguasai gerakan tersebut. Mari kita simak uraian tentang teknik awalan dan tolakan pada lompat jauh

Teknik Awalan pada Lompat Jauh

Teknik awalan merupakan suatu teknik yang sangat penting untuk menentukan seberapa jauh lompatan yang akan dihasilkan. Teknik awalan atau gerak awalan biasa disebut dengan istilah run up.

Teknik awalan dalam lompat jauh dilakukan dengan cara berlari yang mulanya pelan, hingga akhirnya kecepatan ditambah menjadi sekencang mungkin untuk mencapai tolakan yang kuat hingga dapat melakukan gerakan melayang yang cukup jauh.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1913 seconds [13]