F1 | Detail

Tanggapi Protes Mercedes, Max Verstappen Bantah Main Curang

Rio Eristiawan
Kamis, 16 Desember 2021, 11:18 WIB
Tanggapi Protes Mercedes, Max Verstappen Bantah Main Curang
Max Verstappen mengangkat trofi juara di podium Sirkuit Yas Marina, tuan rumah F1 GP Abu Dhabi 2021 (Foto: Red Bull Racing)

MILTON-KEYNES - Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen, membantah tuduhan Mercedes AMG Petronas soal bermain curang pada balapan F1 GP Abu Dhabi 2021, Minggu (12/12/2021) malam WIB. Dia merasa layak menjadi juara dunia F1 2021 lantaran telah berjuang keras sepanjang musim. 

Seperti diketahui, Verstappen tampil sebagai pemenang balapan di Sirkuit Yas Marina tersebut. Dia berhasil mencuri posisi terdepan dari tangan Lewis Hamilton secara dramatis pada putaran terakhir. Padahal, Hamilton menguasai posisi terdepan dari putaran pertama hingga 57. 

Masuknya safety car dengan segala kekacauannya pada putaran 53-57 memicu protes dari Mercedes. The Silver Arrow merasa dicurangi oleh Red Bull. Namun, protes yang diajukan kepada FIA dan Race Direction F1 itu ditolak mentah-mentah. 

Max Verstappen menyalip Lewis Hamilton pada putaran terakhir F1 GP Abu Dhabi 2021 (Foto: Twitter/@F1)
Max Verstappen menyalip Lewis Hamilton pada putaran terakhir F1 GP Abu Dhabi 2021 (Foto: Twitter/@F1)

Verstappen memahami betul kekesalan yang dirasakan Mercedes. Akan tetapi, pembalap berusia 24 tahun itu merasa tidak melakukan kecurangan apapun. Di atas kertas memang Hamilton dan Mercedes unggul, tetapi dia bisa memanfaatkan peluang emas di balapan terakhir. 

"Sebagai tim, kami tidak melakukan kesalahan apa pun. Kami baru saja bersaing ketika restart dan berjuang," klaim Verstappen, mengutip dari Tutto Motori Web, Kamis (16/12/2021). 

"Saya berhasil memenangkan hadiah utama di mana kami tidak diuntungkan di atas kertas. Dengan pemikiran yang sama, saya juga memiliki sedikit nasib buruk, misalnya di Baku, sehingga kehilangan poin berharga," imbuh pria berpaspor Belanda itu. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1182 seconds [13]