logo
Ragam Lainnya | Detail

Tambah Tumbuh, UMKM Karya Tangan Narapidana yang Jadi Official Merchandise ASEAN Para Games 2022

Andika Rachmansyah
Rabu, 03 Agustus 2022, 13:15 WIB
Tambah Tumbuh, UMKM Karya Tangan Narapidana yang Jadi Official Merchandise ASEAN Para Games 2022
Merchandise ASEANPara Games 2022 (Foto: Andika Rachmansyah/MPI)

SOLO – ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Solo tidak hanya memberi ruang berekspresi untuk para atlet difabel saja. Karena pada booth UMKM yang terletak di area stadion terdapat salah satu toko yang menjual hasil karya dari para narapidana.

Toko tersebut bernama Tambah Tumbuh. Jika dilihat dari kacamata luar, memang toko ini seperti layaknya toko pada umumnya. Namun ketika MNC Portal Indonesia bertanya-tanya mengenai barang yang dijual, sang penjaga toko mengatakan kalau mereka menjual barang-barang yang dibuat oleh para narapidana lapas Kota Surakarta.

Sebenarnya tak hanya dari para narapidana saja. Melainkan toko tersebut juga menjual berbagai macam benda yang terbuat dari olahan limbah sampah. Sampah-sampah yang menurut kita mungkin sudah tidak berguna, tetapi disulap oleh itu disulap menjadi cantik dan punya nilai jual.

Merchandise ASEANPara Games 2022
Merchandise ASEANPara Games 2022

Sang penjaga toko yang bernama Ratna menjelaskan kalau Tambah Tumbuh bekerja sama dengan para narapidana dan bank sampah yang berada di Kota Solo. Barang-barang yang dijual disini mulai dari pajangan yang terbuat dari kayu yang mana itu dibuat oleh para narapidana, sementara barang dari limbah sampah disulap menjadi handuk hingga sisir.

Mereka menjadi jembatan bagi para narapidana yang memiliki keterampilan khusus dalam hal membuat kerajinan tangan. Serta mengedukasi masyarakat sekitar khususnya Kota Solo bagaimana cara untuk mengelola limbah menjadi barang berguna.

“Kami bekerja sama dengan narapidana serta bank sampah. Kita juga mengajarkan bagaimana cara mengolah limbah sampah agar menjadi barang-barang yang berguna,” terang Ratna kepada MNC Portal indonesia, Rabu (3/8/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1601 seconds [12]