F1 | Detail

Taktik Mercedes Muluskan Hamilton Ganjal Verstappen Juara F1

Rio Eristiawan
Minggu, 07 November 2021, 17:00 WIB
Taktik Mercedes Muluskan Hamilton Ganjal Verstappen Juara F1
Christian Horner dan Toto Wolff (Foto: Reuters)

MEXICO CITY - Bos Mercedes Toto Wolff membuka kemungkinan menggunakan taktik tim order saat balapan di Formula One (F1) GP Meksiko 2021 di Sirkuit Autódromo Hermanos Rodríguez, Senín (8/11/2021) dini hari WIB. Saat ini pembalap Mercedes Lewis Hamilton sangat membutuhkan poin maksimal bila ingin juara F1 musim ini.

Mercedes akan memimpin balapan dengan dua pembalapnya keluar sebagai yang tercepat di kualifikasi pada Minggu (7/11/2021) dini hari WIB. Valtteri Bottas berada di posisi terdepan dengan catatan waktu 1 menit 15.875 detik, diikuti Hamilton di posisi kedua dengan 1 menit 16.020 detik.

Sementara, Max Verstappen di posisi ketiga setelah mencatatkan waktu 1 menit 16.225 detik. Tetapi Mercedes harus menjauh dari kejaran Verstappen dan Sergio Perez terlebih dahulu jika mereka ingin memenangkan balapan. Wolff mengatakan pembalapnya harus tetap unggul di awal balapan karena akan lebih mudah untuk menguasai balapan. 

Terlebih saat di tikungan pertama yang memiliki trek lurus. "Yang paling penting adalah tetap unggul di awal, dari sana lebih mudah untuk mengelola balapan," kata Wolff dilansir dari crash, Minggu (7/11/2021).

Ketika ditanya mengenai team order di balapan nanti, Wolff mengatakan akan membahasnya sebelum balapan seperti yang biasa lakukan dengan kedua pembalapnya. Dia menjelaskan diskusi ini mungkin akan mengecewakan untuk Bottas tapi akan dibicarakan terlebih dahulu dan melihat situasinya nanti di balapan.

“Jelas situasinya berbeda sekarang, dan kami akan membahasnya besok pagi, seperti yang selalu kami lakukan dalam pertemuan strategi. Saya seorang pembalap, dan saya merasa diskusi seperti itu selalu mengecewakan, tapi terkadang keadaan mengharuskan itu," jelasnya

Karena itu, dia akan membahas dan mendiskusikannya dengan Bottas dan Hamilton, karena mereka berdua terlibat dalam diskusi tersebut. "Memudian melihat apakah skenario balapan benar-benar mewajibkan kami melakukan panggilan semacam itu," tambahnya.

Pertarungan sengit terjadi antara Hamilton dan Verstappen pada musim ini. Verstappen saat ini memimpin dengan 287,5 poin, lalu diikuti Hamilton dengan 275,5 poin. Dengan selisih 12 poin Verstappen pun diunggulkan untuk meraih gelar juara F1 2021 dengan tersisa lima balapan lagi.  

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1864 seconds [12]