logo
Ragam Lainnya | Detail

Taktik dan Strategi Bulu Tangkis pada Sektor Ganda

Tim Sportstars
Rabu, 14 Desember 2022, 20:27 WIB
Taktik dan Strategi Bulu Tangkis pada Sektor Ganda
Febby Valencia dan Melati Daeva memperkuat PB Djarum di Kejurnas Bulu Tangkis 2022 (Foto: PBSI)

JAKARTA - Taktik dan strategi bulu tangkis pada sektor ganda berbeda dengan sektor tunggal. Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. 

Misi atau tujuan permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Dalam pelaksanaan pertandingan bulu tangkis, pemain harus menjalankan sebuah taktik. 

Siasat atau taktik adalah cara berpikir atau akal yang digunakan oleh pemain dalam menjalankan pertandingan untuk mencapai hasil seperti yang diharapkan. Tentu harus disesuaikan dengan kemampuan dan situasi pertandingan demi keuntungan pemain.

Taktik dan Strategi Bulu Tangkis pada Sektor Ganda:

Dikutip dari modul PJOK kelas XII KD 3.2, ada beberapa taktik dan strategi dasar yang biasa digunakan pemain bulu tangkis pada sektor ganda, yaitu:

  1. Taktik samping kiri dan kanan: 

Dalam sistem ini, lapangan menjadi dua bagian yang sama besar. Setiap pemain menguasai setengah lebar lapangan dari depan sampai belakang, biasanya sering dipakai ketika diserang. Kelemahann dari taktik ini adalah apabila terdapat salah satu pemain yang memiliki kelemahan dalam bermain, maka pemain tersebut akan di serang terus menerus. 

  1. Taktik depan dan belakang:

Taktik ini dimainkan dengan menempatkan posisi pemain satu di depan dan satu di posisi belakang. Pemain depan mempunyai tugas untuk mengambil kok yang berada di daerah dekat net dan pemain belakang mengambil kok yang mengarah ke daerah belakang.

Pembagian lapangan setengah dari panjang lapangan sendiri, dari depan net sampai setengah lapangan tugas pemain depan, dan setengah lapangan sampai belakang merupakan daerah bagian pemain belakang. Ketika menggunakan taktik ini, pemain belakang dituntut memiliki stamina yang bagus. 

  1. Taktik campuran/kombinasi: 

Taktik ini merupakan penggabungan antara taktik samping kiri/kanan dan taktik depan/belakang. Taktik ini bisa dikatakan lebih efektif digunakan saat bermain ganda. Saat mendapat serangan atau bertahan maka taktik yang dipakai adalah taktik kanan dan kiri. Namun saat melakukan serangan maka yang digunakan adalah taktik depan dan belakang. Sehingga kedua pemain bisa mengatur taktik yang digunakan sesuai dengan arah datangnya shuttlecock. 

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan beraksi pada babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 (Foto: Badminton Photo/Erika Sawauchi)

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1867 seconds [12]