logo
Tim Nasional | Detail

Tak Hanya Sebagai Bek Kiri, Shayne Pattynama Juga Piawai di Posisi Winger dan Gelandang

Basudiwa Supraja
Rabu, 25 Januari 2023, 11:42 WIB
Tak Hanya Sebagai Bek Kiri, Shayne Pattynama Juga Piawai di Posisi Winger dan Gelandang
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Shayne Pattynama di Viking FK (FOTO: Instagram @s.pattynama).

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak salah memilih pemain keturunan, Shayne Pattynama, untuk bergabung dengan Skuad Garuda. Pasalnya, Shayne ternyata pemain yang versatile.

Sebagaimana diketahui, Shayne sejatinya memiliki posisi utama sebagai bek sayap kiri. Namun utusan PSSI, Hamdan Hamedan, mengatakan setelah mempelajari data sang pemain, Shayne juga bisa bermain di posisi gelandang hingga sayap serang.

Hal ini lantas menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia. Kehadiran Shayne diyakini akan semakin memperkaya olahan taktik Shin Tae-yong.

"Shayne itu sebenarnya bukan hanya bek sayap kiri, tapi dia juga bisa di gelandang sayap kiri. Mungkin Shin bakal mainin dia jadi winger juga tergantung kebutuhan," ujar Hamdan kepada media termasuk Sportstars.id, Selasa (24/1/2023).

Melihat hal tersebut, artinya posisi Pratama Arhan yang sering diplot sebagai bek sayap kiri Timnas Indonesia tidak terlalu terancam. Dia bisa sesekali diturunkan bareng Shayne nanti mengikuti kebutuhan bermain Shin.

Menurut data Transfermarkt, Shayne juga dominan ditempatkan sebagai posisi gelandang. Tercatat dia pernah berperan sebagai gelandang tengah 23 kali, gelandang kiri 18 kali, empat kesempatan sebagai jangkar, dan tiga laga di gelandang serang.

Kualitas pemain Timnas Indonesia semakin berwarna. Taktik bunglon Shin Tae-yong juga diyakini bakal lebih sulit ditebak dari biasanya.

Kini, Shin perlu memoles kembali pasukannya. Terlebih dalam perihal komunikasi dan kekompakan yang kerap kali menjadi keluhan selama Piala AFF 2022 lalu.

Editor : Muhammad Pratama Supriyadillah

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1812 seconds [12]