Hobi | Detail

Tak Cuma Main Game, RUU Keolahragaan Dorong Atlet Esports Lakukan Olahraga Fisik

Ilham Sigit Pratama
Kamis, 17 Februari 2022, 20:30 WIB
Tak Cuma Main Game, RUU Keolahragaan Dorong Atlet Esports Lakukan Olahraga Fisik
Salah satu suasana pertandingan eSports. (foto:istimewa)

JAKARTA - Ketua Panitia Kerja (Panja) Revisi Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN), Dede Yusuf angkat suara perihal menjamurnya esports di kalangan masyarakat. Dia mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya agar esports tidak fokus bermain game, tetapi juga melibatkan aktivitas fisik dan kebugaran.

Sebagaimana diketahui, esports menjadi cabor yang tengah digemari di Tanah Air. Dalam sebuah riset yang dilakukan pengembang game esports, Tencent Games, pemain esports di Asia Tenggara mencapai lebih dari 33 juta orang.

Di Indonesia sendiri, Komite Olimpiade Nasional (KONI) melalui Sekjen Ade Lukman beserta PB Esports Indonesia (PBESI) juga sudah meyatakan komitmennya untuk memajukan esports Tanah Air. Mereka menyiapkan desain untuk pembinaan dan pengembangan esports di Indonesia.

Dede selaku pihak yang paling bertanggung jawab atas pembentukan UU SKN pun turut angkat suara perihal menjamurnya esports. Dede mengatakan bahwa UU SKN akan mewadahi agar esports tetap melibatkan kebugaran tubuh.

“Saya berharap esports tidak hanya olahraga online yang berbasis jari, sehingga nilai kebugarannya tidak terjadi, perlu kita ketahui bahwa UU ini berfokus pada kebugaran,” kata Dede.

“Jadi perlu ada kegiatan, dalam olahraga berbasis tekonoogi, sesnisnya harus berdasarkan kebugaran, jadi nanti silahkan sebelum bertanding berolahraga dulu atau bagaimana,” sambungnya.

Dede mengatakan bahwa olahraga adalah sebuah kegiatan yang harus melibatkan kebugaran tubuh dan sportivitas. Oleh sebab itu, dirinya mengungkapkan bahwa esports harus tetap melibatkan aktivitas fisik.

“Jangan sampai generasi muda kita hanya fokus di gawai, sehingga secara fisik ada kemampuan motorik dan sportivitas,” tandasnya.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1285 seconds [13]