logo
Ragam Lainnya | Detail

Tahapan Gerak Dasar Lengan Pada Renang Gaya Bebas

Wikku D. Nugroho
Senin, 13 Juni 2022, 23:08 WIB
Tahapan Gerak Dasar Lengan Pada Renang Gaya Bebas
Tahapan gerak dasar lengan pada renang gaya bebas penting untuk dipelajari. (Foto: Reuters/Carl Recine)

JAKARTA-Tahapan gerak dasar lengan pada renang gaya bebas merupakan topik menarik untuk dibahas. Karena ada beberapa teknik renang antara lain, gaya bebas, dada, kupu-kupu dan punggung. Namun gerakan yang mudah dikuasai adalah gaya bebas.

Gaya ini mengutamakan kekuatan tangan dan kaki. Bahkan juga wajib dilombakan dalam olimpiade ataupun kompetisi renang. Latihan yang bisa dilakukan pun cukup sederhana dan mudah.

Perlu juga diketahui bila gaya ini bisa dilatih menggunakan tanpa maupun dengan alat yaitu papan pelampung. Simak ulasan di bawah ini.

Tahapan Gerak Dasar Lengan Pada Renang Gaya Bebas

Latihan gerak dasar pada lengan bisa dilakukan dengan cara berpasangan. Permulaan, badan perenang disejajarkan dan mengapung rata-rata air. 

Kepala dibenamkan ke air dan pengambilan napas dilakukan dengan memiringkan kepala ke samping. Kedua tangan dipegang dan lurus oleh teman perenang. Kemudian kaki diluruskan dan gerakkan kaki ke atas dan bawah.

Latihan gerak dasar selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan alat. Alat bisa dijepit di kedua paha. Badan, kaki dan tangan haruslah dalam kondisi terapung di atas rata-rata air.

Demikian pembahasan mengenai tahapan gerak dasar lengan pada renang gaya bebas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1977 seconds [13]