logo
Balap Lainnya | Detail

Ini Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan, Pastikan Dokumen Lengkap

Intan Rachmasari
Rabu, 14 September 2022, 18:40 WIB
Ini Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan, Pastikan Dokumen Lengkap
Pajak Kendaraan (Foto:Dok Okezone.com)

JAKARTA - Syarat bayar pajak motor tahunan menjadi acuan kepada pemilik kendaraan bermotor untuk menyiapkan berkas berkas yang dibutuhkan. Hal ini perlu diperhatikan bagi para pemilik kendaraan yang hendak melakukan pembayaran. 

Membayar pajak kendaraan adalah hal wajib yang harus ditunaikan oleh pemilik kendaraan. Kegiatan membayar pajak kendaraan juga dapat dilakukan setiap tahun, dan ada juga pajak yang harus dibayar setiap lima tahun sekali. 

Meskipun membayar pajak sudah menjadi kewajiban rutin, ternyata para pemilik kendaraan masih banyak yang belum mengetahui persyaratannya. Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas syarat bayar pajak motor tahunan. Berikut informasinya; 

Ilustasi pengurusan STNK (SUmber: Instagram)

Syarat Bayar Pajak Motor Tahunan

  1. Membawa STNK, KTP (Sesuai STNK) dan BPKB

Hal pertama yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pembayaran pajak yakni menyiapkan STNK asli, KTP (Sesuai STNK) dan BPKB asli. Bagi pemilik motor bekas atau second, wajib untuk meminjam KTP sesuai dengan nama pemilik STNK yang berlaku. 

  1. Fotokopi STNK, KTP dan BPKB

Selanjutnya, setelah melengkapi ketiga dokumen tersebut, ada baiknya kamu melakukan fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Nantinya fotokopi tersebut diserahkan ke pihak Samsat untuk diproses.

  1. Menyiapkan Surat Kuasa beserta Materai

Syarat ketiga, para pemilik kendaraan harus menyiapkan surat kuasa beserta materai yang nantinya diberikan kepada pihak Samsat.

Demikian informasi mengenai syarat bayar pajak motor tahunan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1750 seconds [12]