logo
Fighting | Detail

Suzuki Hengkang dari MotoGP, Joan Mir: Sesuatu yang Tak Pernah Saya Duga

Quadiliba Al-Farabi
Selasa, 16 Agustus 2022, 23:45 WIB
Suzuki Hengkang dari MotoGP, Joan Mir: Sesuatu yang Tak Pernah Saya Duga
Pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir diharapkan bisa memenangi MotoGP San Marino 2021, Minggu (19/9/2021). (Foto: Instagram @joanmir36official)

JOAN Mir mengaku sempat terkejut dengan kabar tim Suzuki Ecstar hengkang dari MotoGP pada musim 2023 mendatang. Pasalnya, pengumuman ini bertepatan ketika para pembalapnya berada di performa yang baik.

Joan Mir bergabung dengan Suzuki sejak 2019 lalu. Dia telah menjadi pembalap andalan di setiap tahunnya. Terbukti pada 2020 dia bisa meraih juara dunia. Dilanjutkan pada 2021 yang berakhir sebagai peringkat ketiga.

Tahun ini memang terbilang prestasi Joan Mir tidak sementereng dua tahun sebelumnya. Sampai seri ke-11 MotoGP 2022, Joan Mir masih menduduki peringkat ke 12 dengan 77 poin.

Joan Mir bahkan  belum pernah mendapat podium sekalipun. Catatannya mendapat satu kali DNF di Portimao, tiga kali mendapat tempat keenam, dan dua kali peringkat keempat. 

Suzuki mengumumkan hengkang dari MotoGP pada awal Juli lalu. Pada momen itu, Joan Mir mengaku terkejut karena banyaknya pengalaman luar biasa yang terjadi di saat itu

"Itu mengejutkan, itu adalah sesuatu yang tidak pernah saya duga, tetapi juga yang lain. Beberapa akan menemukan pekerjaan dengan mudah, yang lain akan mengalami lebih banyak kesulitan. Ini adalah bagian tersulit untuk diterima,” ucap Joan Mir dalam laman Corsedimoto, Selasa (16/8/2022).

“Suzuki akan selalu menjadi merek yang spesial. Kami memenangkan gelar bersama setelah dua tahun,” lanjutnya.

Bukan hanya itu, Joan Mir juga menceritakan kesannya berpartner dengan Alex Rins. Menurutnya, Rins sangat layak menyandang pembalap dengan kecepatan yang luar biasa.

“Alex Rins telah menjadi rekan setim yang hebat selama bertahun-tahun. Perubahan akan menjadi tantangan lain,” pungkas Joan Mir.

Joan Mir digadang-gadang akan bergabung dengan Repsol Honda pada musim depan. Tapi dia belum mengumumkannya secara resmi. Apapun pada akhirnya, dia menyebut bakal berpartner dengan pembalap yang sangat cepat.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1634 seconds [13]