Hobi | Detail

Survei MPI: Masyarakat Pantang Kendor Berolahraga di Masa Pandemi Covid-19

MNC Portal
Sabtu, 07 Agustus 2021, 12:49 WIB
Survei MPI: Masyarakat Pantang Kendor Berolahraga di Masa Pandemi Covid-19
Melakukan aktivitas olahraga jogging dapat membantu tubuh anda lebih sehat (FOTO: Insider).

KEGIATAN olahraga atau aktivitas fisik sangat diperlukan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terjadinya penyakit degeneratif. Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bahkan menyebut jika olahraga juga sangat mempengaruhi aspek psikologis seseorang, seperti meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi kecemasan dan membantu dalam pengendalian stres.

Olahraga menjadi keharusan ketika pandemi Covid-19 mulai menyebar di Indonesia pada Maret 2020 lalu. Kemenkes juga sudah memberikan imbauan kepada masyarakat melalui laman resminya untuk tetap melakukan olahraga selama pandemi ini. Apabila tubuh mengalami kurang gerak, dikhawatirkan akan menurunkan imunitas.

Kebiasaan olahraga tampaknya sudah disadari oleh masyarakat. Hal tersebut tercermin dalam hasil survei daring tim Litbang MNC Portal Indonesia (MPI) yang mayoritas melakukan olahraga.

Dalam surveI juga dilakukan sepanjang 1-6 Agustus 2021 tersebut juga mencantumkan bahwa ada 61 persen responden yang biasanya melakukan olahraga sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu.

Mayoritas juga memiliki durasi olahraga cukup lama yakni selama 30 – 60 menit. Diungkapkan seorang karyawan swasta, Reza, jika dia rutin melakukan olahraga selama pandemi ini agar imun tubuh tetap prima.

“Biasanya saya melakukan olahraga 1-2 kali per minggu, dengan durasi maksimal 1 jam. Olahraga juga yang sederhana saja, tidak mau neko-neko,” jelas dia kepada MPI.

Lantas, olahraga apa yang jadi favorit masyarakat saat Pandemi? Sebagian besar, responden memang memilih olahraga sederhana dan mudah dilakukan. Mayoritas memiliih workout (29 persen) dan jogging (23 persen).

“Nggak usah ribet-ribet, yang penting olahraga. Cukup jogging di rumah juga sudah cukup. Murah meriah tapi tetap sehat,” ujar Ike, warga Depok.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4615 seconds [13]