Hobi | Detail

Survei Membuktikan, Bukan Sepak Bola, Ini Olahraga Paling Sering Diikuti

Maruf
Senin, 26 Juli 2021, 18:08 WIB
Survei Membuktikan, Bukan Sepak Bola, Ini Olahraga Paling Sering Diikuti
Aktivitas lari bisa membuat seorang mengalami cedera. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Survei memperlihatkan sepak bola bukan olahraga yang paling sering diikuti penduduk Indonesia. Meski sering disebut sebagai olaraga paling populer di Indonesia, sepak bola ternyata hanya menempati peringkat ketiga untuk olahraga yang paling sering diikuti atau dilakukan. 

Data ini didasarkan pada hasil survei yang dirilis statista.com yang dirilis pada awal Juli lalu. Dalam survei tersebut sepak bola hanya menempati peringkat ketiga olahraga yang sering diikuti. 

Sepak bola berada di bawah bulu tangkis di peringkat kedua, sedangkan lari atau joging menjadi olahraga yang paling sering dilakukan. Angkanya juga terpaut jauh. Statista menulis, hanya ada 8,11 persen responden yang mengakui sering bermain sepak bola, sedangkan 13,38 persen responden mengaku rutin laru dan joging. Untuk bulu tangkis di angka 8,7 persen. 

Masalahnya, dalam penjelasannya, meski survei tersebut baru dirilis statista pada 2 Juli, pengumpulan data sudah dilakukan pada Agustus 2018, atau tiga tahun yang lalu. Survei yang disebut dilakukan lembaga Cint itu, dilakukan seara online dengan sample 63.135 responden, dan diizinkan menjawab lebih dari satu jawaban. 

Selain lari, badminton, dan sepak bola, bersepeda, berenang menempati peringkat empat dan lima. Menariknya ada sekitar 5,22 persen yang mengaku tidak melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Jumlah tersebut menempatkan kelompok tersebut di urutan enam besar.  

Menariknya, dalam survei itu juga ada yang menyebut memancing sebagai olahraga yang rutin mereka lakukan. Angkanya terbilang tinggi yaitu 4,1 persen dan lebih tinggi dari olahraga basket yang hanya dilakukan secara rutin oleh 4,03 persen responden. 

Sedangkan olahraga yang paling jarang dilakukan adalah tinju, yaitu 1,26 persen. Angka itu menarik, karena ternyata di bawah olahraga berburu yang dilakukan 1,36 persen responsnden. Sedangkan olahraga bela diri dilakukan sekitar 2,6 persen responden. 

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2729 seconds [13]