logo
Sportainment | Detail

Sumber kekayaan Andrea Agnelli, Pemilik Juventus, Salah Satu Pemilik Klub Terkaya Dunia

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 01 Juli 2022, 06:01 WIB
Sumber kekayaan Andrea Agnelli, Pemilik Juventus, Salah Satu Pemilik Klub Terkaya Dunia
Andrea Agnelli merupakan salah satu pemilik klub terkaya dunia yaitu Juventus. (Foto: Juventus)

JAKARTA-Sumber kekayaan Andrea Agnelli, pemilik Juventus sangat terkait dengan keperkasaan Juventus di Liga Italia. Karena selama beberapa tahun terakhir Juventus sangat luar biasa khususnya di Italia. 

Hampir dalam 10 tahun terakhir mereka sanggup memenangkan trofi Liga Italia dan Coppa Italia. Mereka juga sempat menjadi finalis Liga Champions Eropa beberapa musim lalu.

Kesuksesan Juventus di liga domestik dan kompetisi Eropa membuat mereka menjadi salah satu klub terkuat. Kesuksesan Il Bianconeri juga tak lepas dari pemilik klub saat ini, Andrea Agnelli.

Akhir-akhir ini nama Andrea Agnelli menjadi perbincangan publik. Dikarenakan ia mengikuti jejak Presiden Klub Real Madrid, Florentino Perez untuk membentuk kompetisi saingan Liga Champions Eropa yaitu Liga Super Eropa yang menuai banyak kecaman.

Siapa sesungguhnya sosok Andrea Agnelli? Benarkah dia menjadi salah satu pemilik klub terkaya di dunia? Kita juga akan membahas Sumber kekayaan Andrea Agnelli, Pemilik Juventus. Simak ulasan berikut.

Sumber kekayaan Andrea Agnelli, Pemilik Juventus

Sosok Andrea Agnelli

Dilihat dari sejarahnya pemilik Juventus pernah dijabat oleh keluarga leluhurnya Andrea Agnelli. Dimulai dari kakek moyangnya, Giovanni Agnelli dan sang kakek, Edoardo Agnelli pernah menjadi pemilik klub Si Nyonya Tua pada tahun 1900-an.

Mereka memiliki perusahaan FIAT yang bergerak di bidang otomotif. Menjadi pemilik perusahaan dan klub Juventus membuat Keluarga Agnelli dikenal sebagai keluarga terkaya di Italia.

Kemudian titah kepemimpinan Juventus diteruskan kepada salah satu anggota keluarga Agnelli yaitu Andrea Agnelli. Sosok pria 46 tahun ini memulai memimpin klub pada tahun 2010.

Tepatnya beberapa tahun setelah kasus Calciopoli menjerat Juventus. Dengan hadirnya Andrea Agnelli diharapkan Juventus mampu bangkit dari keterpurukan dan menguasai kompetisi domestik dan Eropa.  

Selama itu pula Andrea Agnelli mampu membangun Juventus dan memenangi trofi liga domestik selama sedekade terakhir. Pelatih-pelatih ternama pernah didatangkan seperti Antonio Conte, Maurizio Sarri dan Massimiliano Allegri untuk menangani Giorgio Chiellini cs.

Sumber Kekayaan Andrea Agnelli

Sebelumnya Andrea Agnelli pernah bekerja di perusahaan otomotif terkenal seperti Piaggio, Auchan dan Ferrari. Keluarga Agnelli mendulang kekayaan mereka dari industri mobil setelah mendirikan Fiat pada tahun 1899.

Ia pernah membentuk perusahaan Lamse S.P.A dan menjabat sebagai petinggi eksekutif. Tak hanya itu ia juga mengurusi klub golf dan diangkat menjadi direktur di Federasi Golf Italia.

Saat ini Andrea Agnelli merangkap jabatan sebagai pemilik Juventus dan anggota kehormatan dewan perusahaan FIAT dan EXOR. Ia menjadi anggota keluarga keempat yang menjalankan klub. Diketahui, Andrea Agnelli memiliki kekayaan 15 miliar poundsterling atau sekitar Rp 291 Triliun. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2317 seconds [13]