logo
Ragam Lainnya | Detail

Sumbang 2 Emas di Laga Debut, Maria Goreti Bersyukur Indonesia Mampu Gelar ASEAN Para Games 2022

Basudiwa Supraja
Kamis, 04 Agustus 2022, 14:30 WIB
Sumbang 2 Emas di Laga Debut, Maria Goreti Bersyukur Indonesia Mampu Gelar ASEAN Para Games 2022
Atlet lari kursi roda putri para atletik Indonesia, Maria Goreti Samiyati (Foto: Sportstars.id/Basudiwa Supraja)

SOLO - Atlet debutan lari kursi roda putri para atletik Indonesia, Maria Goreti Samiyati, bersyukur dengan bergulirnya ASEAN Para Games (APG) 2022. Pasalnya multi ajang khusus difabel paling bergengsi se-Asia Tenggara itu nyaris kandas dua kali.

Sebagaimana diketahui, APG 2020 batal digelar di Filipina lantaran kasus Covid-19 yang merebak pada tahun 2020 silam. Hal itu tentu membuat banyak pihak kecewa terkhusus para atlet difabel.

Harapan mereka pun nyaris pupus ketika Vietnam tidak menyanggupi untuk menggelar APG 2022. Negeri Naga Biru -julukan Vietnam- itu hanya bersedia menjadi tuan rumah SEA Games saja.

Melihat hal tersebut, Indonesia segera mengambil tindakan demi menyelamatkan ASEAN Para Games 2022. Meski dengan persiapan yang singkat, APG 2022 nyatanya berjalan dengan baik.

Itu menjadi bentuk kesyukuran Maria saat ini. Pasalnya, wanita asal Cilacap ini mengaku baru tampil perdana di ASEAN Para Games. 

Debutan yang datang dari NPC Jakarta itu ternyata mampu langsung meraup dua emas sekaligus. Adapun dua emas tersebut berasal dari nomor lari kursi roda 200 meter dan 400 meter.

"Ini APG pertama, soalnya saat 2019 dipanggil tapi tidak jadi karena ada Covid. Sebenarnya yang di Vietnam nyaris batal, jadi dari Indonesia sediakan wadah. Terimakasih banyak kepada seluruh pihak," ujar Maria kepada media termasuk Sportstars.id, Kamis (4/8/2022).

Terlepas dari itu, cabang olahraga (cabor) para atletik memang menjadi salah satu harapan lumbung emas Indonesia. Mengingat cabor tersebut juga menjadi yang terbanyak menyumbang medali di ASEAN Para Games 2017 lalu.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1549 seconds [13]