logo
Ragam Lainnya | Detail

Start Yang Biasa Digunakan Dalam Lari Sprint Adalah? Simak Penjelasannya!

Tim Sportstars
Selasa, 03 Januari 2023, 17:05 WIB
Start Yang Biasa Digunakan Dalam Lari Sprint Adalah? Simak Penjelasannya!
Teknik start lari jarak pendek diperagakan atlet asal Jerman Alica Schmidt (Foto: Instagram/@alicasmd)

JAKARTA - Start yang biasa digunakan dalam lari sprint adalah sebagai berikut. Dikutip dari Britannica.com, sprint atau lari jarak pendek merupakan perlombaan di mana pelari harus berlari sekencang-kencangnya.

Sprint biasanya memiliki jarak utama 200 meter, lari 400 meter, dan lari pendek 100 meter. Lintasan untuk balapan sprint biasanya ditandai dengan jalur di mana setiap pelari harus tetap berada di sepanjang balapan. 

Awalnya, lari jarak pendek menggunakan start berdiri, namun setelah tahun 1884, lari jarak pendek dimulai dengan start jongkok yang menggunakan alat yang disebut blok start. Perlombaan lari jarak pendek dimulai dengan tembakan pistol pada jarak 55-65 meter. 


Start yang Biasa Digunakan dalam Lari Sprint Adalah

Start adalah suatu persiapan awal seorang pelari akan melakukan gerakan berlari. Untuk jarak pendek, start yang dipakai adalah start jongkok atau Crouch Start. Tujuan utama start dalam lari jarak pendek adalah untuk mengoptimalkan pola lari percepatan. Pelari juga harus dapat mengatasi kelembaman dengan menerapkan terhadap start block sesegera mungkin setelah tembakan pistol atau aba-aba dari starter dan bergerak kedalam suatu posisi optimum untuk tahap lari percepatan.

Ada tiga macam dalam melakukan start jongkok, antara lain:

1. Start Pendek

Start Pendek. (Foto: PENJAS MAN 1 KAB.SOLOK)

Posisi ini diawali dengan berdiri tegak serta kedua kaki merapat. Pandangan lurus ke depan dengan lengan berada di samping badan. Cara melakukannya adalah dengan melangkahkan kaki kiri ke depan dan jari-jari kaki lurus ke depan. Lalu, letakan ujung jari kaki belakang sejajar dengan tumit kaki depan. Jarak kedua kaki satu kepalan tangan. Meski mudah, teknik start ini mulai ditinggalkan.

2. Start Menengah 

Start Menengah. (Foto: PENJAS MAN 1 KAB.SOLOK)

Teknik start jongkok ini umum dilakukan dalam jarak pendek. Tubuh akan lebih mudah meluncur lari pada teknik ini sebab pinggul tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, keseimbangan pelari akan terjaga.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1841 seconds [13]