Liga Indonesia | Detail

Stadion Manahan, Tempat yang Ramah untuk Para Suporter

Hadi Febriansyah
Kamis, 23 Juni 2022, 21:30 WIB
Stadion Manahan, Tempat yang Ramah untuk Para Suporter
Suporter PSIS Semarang datang ke Stadion Manahan, Solo (Instagram)

TAK ada hal yang paling indah selain melihat dua suporter duduk berbarengan dalam satu stadion dan tidak kerusuhan yang terjadi. Hal ini pun diperlihatkan pada ajang Piala Presiden 2022 ketika Derby Jawa Tengah terjadi.

Pada saat pertandingan antara Persis Solo menghadapi PSIS Semarang, tampak dua suporter duduk berbarengan antara Pasoepati (Pendukung Persis) dan Panser Biru (Pendukung PSIS). Keduanya pun bernyanyi bersama di Stadion Manahan untuk mendukung tim kesayangan.

Ketika pertandingan berlangsung, tidak ada nyanyian rasis yang terdengar dari kedua suporter tersebut. Ini juga yang menjadi catatan yang baik untuk suporter yang harus mendukung timnya dengan cara yang baik.

Spanduk bertemakan selamat datang dari Panser Biru untuk Pasoepati (Instagram)
Spanduk bertemakan selamat datang dari Panser Biru untuk Pasoepati (Instagram)

Sebelum pertandingan ini, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga meminta semua elemen suporter untuk menjaga persahabatan dan perdamaian. Dia mengatakan, sepak bola adalah olahraga yang mempertontonkan kualitas permainan, strategi, dan menyajikan tontonan yang menarik.

Pesan perdamaian ini pun diterima oleh seluruh suporter yang bermain di Grup A. Jadi wajar saja, Stadion Manahan, Solo menjadi rumah yang baik untuk para suporter yang datang kesana.

“Maka suasana persahabatan harus betul-betul kita tunjukkan bahwa sepak bola itu menarik, menghibur, dan damai. Selain itu sepak bola juga mengedukasi,” kata Ganjar beberapa waktu yang lalu.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1372 seconds [12]